Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Akan Jadi "Pintu" Integrasi IoT

Kompas.com - 12/12/2019, 16:37 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SHENZEN, KOMPAS.com - Jaringan 5G sudah mulai bergulir di beberapa negara menggantikan jaringan generasi internet LTE. Dalam beberapa tahun ke depan, ekspansi 5G bakal lebih luas dan industri telekomunikasi global akan menjadi penggerak transformasi ini.

Tak terkecuali Oppo, yang melihat 5G sebagai peluang membangun konektivitas lebih luas melalui berbagai perangkat, tidak hanya sebatas smartphone, atau istilahnya iternet of things (IoT).

Sebab itulah, Oppo akan meluncurkan beberapa perangkat lain, seperti smart router, smart watch, hingga kacamata AR untuk membangun ekosistem IoT-nya.

Meski demikian, pendiri sekaligus CEO Oppo, Tony Chen menyebut smartphone tetap akan menjadi "pintu" integrasi dan konetivitas IoT.

Baca juga: Oppo Siapkan Dana Riset Rp 99 Triliun untuk 5G dan IoT

Karena menurut Tony, saat ini hampir setiap orang menggenggam smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mewujudkan integrasi tersebut, Oppo berpegang pada empat hal.

"Pertama adalah konvergensi teknologi dan layanan, konvergensi organisasi, konvergensi budaya, serta konvergensi dari teknologi dan manusia," kata Tony dalam acara Oppo Inno Day 2019 yang berlangsung di Shenzen, Selasa (10/12/2019)..

Menurut Tony, perusahaan global harus menyesuaikan diri dengan 5G dan memanfaatkan IoT dalam operasionalnya.

Ia juga mengatakan, meski sebagian tugas manusia akan tergantikan oleh teknologi, tapi mesin tidak memiliki naluri seperti manusia. Itulah mengapa manusia tetap dibutuhkan di era IoT.

Baca juga: Menilik Rencana Pengembangan 5G Oppo Tahun Depan

Tony juga mengumumkan, Oppo mengalokasikan investasi lebih besar untuk tim riset dan pengembangan.

Tahun ini dan dalam tiga tahun ke depan, Oppo menjanjikan investasi sebesar 50 miliar yuan atau sekitar Rp 99,4 triliun yang sebagian besar akan digunakan untuk mengembangkan 5G dan 6G, AI, big data, dan komputasi.

Perusahaan smartphone asal China itu juga berencana merilis smartphone mid range 5G di China dengan harga 2.500 yuan atau Rp 5 jutaan tahun depan.

Baca juga: Oppo Janji Akan Rilis Smartphone 5G Rp 5 Jutaan Tahun Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com