Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Lebih Suka Cari Informasi Baru lewat Video Online

Kompas.com - 14/12/2019, 14:03 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berita dan informasi kini sangat mudah diakses melalui berbagai medium seperti televisi, berita online, hingga informasi dan berita dari video online.

Namun ternyata masyarakat Indonesia lebih suka mengakses informasi dan berita baru melalui Video Online. Hal itu terungkap dari riset yang dilakukan Google.

Selain tampak lebih atraktif, menerima informasi melalui video online juga mendorong penonton untuk lebih memahami informasi secara nyata dan eksklusif.

Dihimpun KompasTekno dari riset Google in Search 2019, informasi berita dan game telah menjadi dua kategori utama yang mendorong pertumbuhan ekonomi di bidang media dan hiburan di seluruh Indonesia.

Baca juga: Pengalaman Streaming Video di Indonesia Disebut Membaik

Berdasarkan hasil riset Google, orang Indonesia lebih suka menghabiskan 1,2 kali lebih banyak waktu untuk menonton video online, daripada mengakses media sosial.

Sedangkan, 75 persen dari mereka lebih suka mengonsumsi berita online melalui YouTube sebagai saluran terfavorit mereka untuk menonton video berita.

Google menyebutkan bahwa berita dan game adalah dua kategori utama pendorong pertumbuhan di bidang media dan hiburan di seluruh Indonesia. Hal itu dibuktikan berdasarkan penelusuran pencarian Youtube.

Kenaikan pencarian channel berita mengalami peningkatan 2,3 kali lipat lebih banyak dibandingkan pencarian kategori lainnya, sepanjang 2019 ini.

Siapa konsumen terbanyak pencari berita melalui video online?

Baca juga: Melihat Kompilasi Video dan Momen Paling 2019 di YouTube Rewind Tahun Ini

"85 persen Konsumen Gen Z paling banyak mengikuti berita harian secara online, sebagian besar lainnya memiliki smartphone untuk bermain game online," tulis Google dalam risetnya, dihimpun KompasTekno, Sabtu (14/12/2019).

Adapun menurut polling online yang dikutip oleh Google dalam risetnya, 98,8 persen generasi Z yang online adalah para pengguna smartphone. Jumlah itu adalah 17,5 persen dari total jumlah pengguna smartphone di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com