Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Kolase Foto di Instagram Story

Kompas.com - 19/12/2019, 10:23 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram baru saja menambahkan fitur baru untuk Story. Fitur tersebut adalah "Layout" yang berguna menggabungkan beberapa foto dalam satu frame.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggabungkan foto dan menguggahnya ke Instagram Stories. Lantas, bagaimana caranya?

Pertama, pastikan dulu aplikasi Instagram yang Anda gunakan adalah versi termutakhir. Versi pembaruan bisa dicek di Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

Untuk membuat kolase, buka fitur Instagram Stories seperti biasa, yakni dengan menggeser layar ke kanan atau mengetuk ikon kamera di pojok kiri atas. Kemudian, gulir fitur yang berada di bawah tombol shutter.

Baca juga: Pengguna Instagram Kini Bisa Bikin Kolase Foto di Stories

"Layout" berada di tengah-tengah antara fitur boomerang dan superzoom. Setelah menemukan "Layout", akan muncul beberapa pilihan layout di atas tombol shutter.

Pengguna bisa menambahkan dua hingga enam foto sekaligus dalam satu layout. Setelah memilih layout yang diinginkan, ambil gambar sesuai dengan jumlah ruang yang tersedia.

Tidak cuma bisa mengunggah foto yang dibidik langsung, pengguna juga bisa menambahkan foto yang sudah tersimpan di galeri. Caranya, setelah memilih layout, klik galeri perangkat yang ada di pojok kiri bawah.

Cara bikin kolase foto menggunakan fitur Layout Instagram Story.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Cara bikin kolase foto menggunakan fitur Layout Instagram Story.

Sayangnya, pengguna harus menambahkan foto satu per satu. Jadi, setelah memilih satu foto, klik galeri di pojok kiri atas lagi untuk menambahkan foto lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Kolase Foto Tahunan Best Nine di Instagram

Jika ingin menghapus foto terakhir, cukup klik ikon backspace atau hapus yang ada di atas tombol shutter. Namun, apabila sudah yakin ingin mengunggahnya, bisa klik tombol shutter dengan tanda centang.

Seperti biasa, pengguna bisa memilih opsi publik atau teman dekat saja yang bisa melihat kolase foto tersebut.  Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com