Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Mati karena Banjir, Ini 10 Cara Menghemat Baterai Smartphone

Kompas.com - 01/01/2020, 18:12 WIB
Oik Yusuf

Editor


KOMPAS.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan pemadaman listrik sementara di sejumlah wilayah di Jakarta lantaran banjir setelah hujan mengguyur Ibu Kota menjelang pergantian tahun. 

Dengan tidak adanya listrik, pengguna smartphone tidak bisa mengisi ulang baterainya. aksesori powerbank atau baterai eksternal memang bisa dipakai saat darurat.

Namun, bagaimana jika setrum yang tersisa di powerbank sudah menipis, atau bahkan habis, sementara baterai smartphone tidak terisi penuh dan kita tidak tahu kapan pasokan listrik akan kembali pulih?

Nah, untuk menghemat baterai smartphone di tengah mati listrik atau pemadaman listrik yang masih terjadi, berikut KompasTekno rangkum 10 tips menghemat baterai smartphone.

1. Cek dan setop aplikasi yang paling boros baterai

Smartphone biasanya dibekali dengan sejumlah aplikas, entah bawaan dari sistem atau yang pengguna pasang (install) sendiri. Aplikasi tersebut bisa menyedot baterai jika digunakan terus-menerus.

Baca juga: Pemadaman Listrik karena Banjir di Jakarta Bisa Dipantau di Situs Ini

Oleh karena itu, cek aplikasi apa saja yang paling banyak menguras baterai di masing-masing pengaturan ponsel. Di ponsel berbasis Android, misalnya, pengguna bisa mengunjungi "Settings" dan pergi ke menu "Battery & performance" dan pilih "Power usage".

Di pengaturan tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai.

Perlu diingat, masing-masing menu di smartphone mungkin berbeda. Namun, menu yang serupa dengan fungsi baterai di atas agaknya sudah tersedia di kebanyakan smartphone saat ini.

2. Turunkan tingkat kecerahan layar (brightness), aktifkan mode gelap

Biasanya kecerahan dari sebuah layar smartphone akan menentukan tingkat kenyamanan dalam melihat tampilan di layar. Namun tingkat kecerahan pun dapat mempengaruhi besarnya daya baterai yang digunakan.

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar akan membuat daya baterai semakin terhisap.

Untuk itu pengguna dapat menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi yang terjadi dan sebaiknya tidak menggunakan kecerahan otomatis karena akan menggunakan sensor cahaya yang menguras baterai pula.

Dark mode di iPhone9to5 Mac Dark mode di iPhone

Baca juga: Diuji, Mode Gelap iOS 13 Bisa Bikin Baterai iPhone Tahan Lebih Lama

Sebagian ponsel menyediakan opsi dark mode yang mengubah tampilan jadi serba gelap. Ini dapat membantu menghemat baterai lebih jauh, terutama untuk yang memiliki tipe layar OLED.

3. Matikan sinyal radio yang tak penting

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com