Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Kirim 9 Miliar Pesan WhatsApp di Malam Tahun Baru 2020

Kompas.com - 04/01/2020, 12:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semarak pergantian tahun ternyata tidak hanya terjadi di dunia nyata. Kemeriahan juga terjadi di berbagai platform media sosial dan layanan pesan instan.

Banyak orang memanfaatkan momen ini untuk mengirim ucapan selamat tahun baru bagi teman-teman, juga sanak saudara melalui platform online. Salah satunya yang populer digunakan adalah WhatsApp.

Menurut data yang dihimpun tim WhatsApp, di Indonesia ada lebih 9 miliar pesan yang dikirim dan diterima pada tanggal 31 Desember 2019. Di Indonesia, WhatsApp memang menjadi layanan pesan instan paling populer.

Baca juga: 5 Fitur Baru WhatsApp yang Akan Hadir Tahun Depan

Anak perusahaan Facebook Inc. tersebut memang tidak pernah mengungkap data pengguna per regional secara gamblang akhir-akhir ini.

Namun, menurut riset We Are Social dan Hootsuite awal tahun 2019 lalu, WhatsApp digunakan oleh 83 persen pengguna internet mobile di Indonesia dan menempati urutan kedua setelah YouTube yang diakses 88 persen pengguna.

Kembali ke volume aliran pesan pada malam tahun baru. Secara global, WhatsApp mencatat ada lebih dari 100 miliar pesan terkirim pada malam pergantian tahun.

Baca juga: Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia

Angka ini memecahkan rekor WhatsApp dalam 10 tahun terakhir sebagai volume pengiriman pesan tertinggi dalam sehari. Dari 100 miliar pesan itu, 12 miliar di antaranya adalah pesan bergambar.

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Sabtu (4/1/2019), data ini dihimpun selama 24 jam mulai tanggal 31 Desember 2019 hingga tengah malam waktu standar pasifik (PST).

WhatsApp juga me-ranking lima fitur favorit sepanjang tahun 2019. Fitur pertama adalah fitur pesan teks, disusul fitur status diurutan kedua, dan pesan gambar di urutan ketiga. Sementara dua posisi terakhir, secara berurutan diisi oleh panggilan WhatsApp dan fitur pesan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com