Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OnePlus Bikin Ponsel dengan Kamera Tak Kasatmata?

Kompas.com - 07/01/2020, 07:02 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - OnePlus memamerkan konsep ponsel baru, OnePlus Concept One, dengan lensa kamera belakang yang tak kasatmata, alias dapat disembunyikan.

Bocoran konsep kamera ponsel yang tersembunyi itu diungkap lewat video yang diunggah di akun Twitter dan YouTube resmi OnePlus.

Lensa kamera tersebut akan tersembunyi karena lapisan kaca electrochromics. Kaca akan berubah dari warna yang padat menjadi transparan ketika dialiri listrik, sehingga memunculkan lensa kamera yang ada di bawahnya.

Teknologi ini adalah hasil dari kolaborasi OnePlus dengan produsen supercar McLaren. Sebelumnya, teknologi kaca electrochromic juga digunakan pada deretan mobil kelas atas produksi McLaren.

Baca juga: Bocoran Gambar Ungkap Keberadaan Ponsel Kelas Menengah OnePlus 8 Lite

Rencananya, OnePlus akan memamerkan konsep ponsel terbarunya ini dalam acara CES 2020 yang akan dilaksanakan mulai 7 Januari 2020 di Las Vegas, AS.

Selain teknologi invisible camera, dalam akun Twitter-nya, OnePlus jug menyebut teknologi color-shifting glass technology, yang kemungkinan adalah warna casing ponsel yang bisa berubah-ubah.

Baca juga: OnePlus 7T Pro Diperkenalkan, Ini Bedanya dari OnePlus 7T

Namun, teknologi electrochromics ini tidak diterapkan pada layar depan ponsel, karena layar depan akan menggunakan teknologi OLED dengan refresh rate tinggi.

Sekarang fitur kamera tak kasatmata itu masih menjadi konsep, belum diketahui apakah OnePlus berencana untuk merilisnya secara komersil.

OnePlus memang sedang mencoba untuk membuat smartphone dengan "wajah" yang mulus. Sehingga dengan fitur kamera tersembunyi ini, permukaan ponsel bisa rata, tidak memiliki benjolan kamera di bagian belakang.

Selain itu, dihimpun KompasTekno dari ubergizmo, Selasa (7/1/2020), kemungkinan ponsel konsep ini menjadi petunjuk teknologi yang akan diusung di seri OnePlus 8 atau OnePlus 8T.

Konsep kamera tersembunyi dari OnePlus bisa disimak di video di bawah ini.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com