Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta: Beras Adalah Solusi Terbaik untuk Mengeringkan Ponsel

Kompas.com - 09/01/2020, 10:43 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat smartphone tak sengaja jatuh ke dalam air, tak jarang orang akan gugup dan khawatir. Bagaimana tidak, smartphone sudah menjadi barang primer untuk banyak orang saat ini.

Berbagai cara pun dilakukan demi menyelamatkan ponsel basah tersebut.

Seringnya, saran yang akan diberikan adalah merendam ponsel ke beras sehari semalam agar cepat kering, lalu bisa dinyalakan kembali. Benarkah demikian?

Saran itu tidak sepenuhnya salah. Merendam ponsel di dalam beras kering memang bisa menjadi salah satu metode mengeringkan ponsel yang kadung jatuh ke air. Hal ini pun bisa dijelaskan secara ilmiah.

"Rice grain (kandungan gandum) bersifat hygroscopic atau mudah menyerap kelembaban, jadi bisa mengeringkan ponsel," jelas Natalita Maulani Nursam, dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (PPET) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (8/1/2020).

Baca juga: Langkah-langkah Menyelamatkan Ponsel yang Terendam Air

Sifat tersebut mirip dengan silica gel yang banyak ditemukan di dalam kotak kemasan beberapa produk komersil seperti sepatu atau barang-barang elektronik. Namun, apakah beras adalah pilihan terbaik?

Dari percobaan yang dilakukan Gazelle, salah satu perusahaan yang dikenal menjual barang elektronik bekas, membuktikan bahwa beras bukanlah opsi terbaik.

Dalam percobaannya, mereka menggunakan berbagai macam bahan penyerap kelembaban, yakni beras, silica gel, pasir kucing, oatmeal instan, gandum utuh, couscous instan (gandum mentah yang dipecah), nasi instan, sponge, dan biji chia.

Seperti pada beras, ponsel juga direndam semalam dalam bahan-bahan ini.

Ponsel yang menjadi "kelinci percobaan" ini adalah iPhone 4, iPhone 3GS, dan Samsung Galaxy S III.

Dari percobaan tersebut, disimpulkan bahwa silica gel adalah bahan terbaik untuk menyerap kelembaban pada smartphone, baik iPhone maupun Galaxy SIII.

Namun untuk ponsel Android, justru beras tidak menjadi pilihan.

Sebagai penggantinya, pemilik ponsel bisa mengganti beras dengan pasir kucing, gandum utuh, oatmeal instan, atau biji chia.

Hasil percobaan Gazelle untuk melihat bahan mana yang paling baik untuk mengeringkan ponsel basah.Smartphone Gadget Hacks Hasil percobaan Gazelle untuk melihat bahan mana yang paling baik untuk mengeringkan ponsel basah.

Dihimpun KompasTekno dari Smartphone Gadget Hacks, Kamis (9/1/2020), bahan-bahan di atas lebih optimal dalam menyerap cairan. Nasi instan misalnya, terbuat dari bahan pati yang sifatnya bisa menyerap air lebih banyak.

Baca juga: Smartphone Terendam Air, Lakukan 3 Langkah Ini

Begitu pula dengan oatmeal instan atau couscous instan. Sementara beras, adalah biji-bijian yang kemampuan menyerap airnya masih terbatas.

Perlu diperhatikan, percobaan ini tidak bisa dimakan bulat-bulat, meski tidak ada salahnya untuk dicoba. Sebab, spesifikasi ponsel dan tingkat kerusakan juga berpengaruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com