Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Android, iPhone Kini Bisa Dijadikan Kunci Pengaman Akun Google

Kompas.com - 16/01/2020, 15:11 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Kabar gembira buat pemilik iPhone yang menggunakan layanan-layanan Google. Ponsel besutan Apple itu kini sudah bisa digunakan sebagai "kunci" hardware untuk verifikasi dua langkah (2-factor authentication, 2FA) dalam mengamankan akun Google.

Kemampuan tersebut ditambahkan lewat sebuah update untuk aplikasi Google Smart Lock di iOS. Saat membuka aplikasi yang sudah diperbarui, sebuah prompt akan muncul untuk mengaktifkan kunci sekuriti built-in di iPhone.

Setelahkunci sekuriti diaktifkan, iPhone akan membuka aplikasi Smart Lock setiap kali pengguna memasukkan user name dan password akun Google di sebuah perangkat.

Baca juga: Update WhatsApp Android Dapat Kunci Sidik Jari, Begini Cara Memakainya

iPhone mesti berada di sekitar perangkat yang akan melakukan login ke akun Google. Sebab, otentikasinya dilakukan lewat Bluetooth, bukan sekadar mengirim kode lewat internet. Fitur Bluetooth di perangkat login pun mesti diaktifkan.

Aplikasi Smart Lock di iOS kini memiliki opsi untuk menggunakan iPhone sebagai kunci untuk verifikasi dua langkah.9to5Google Aplikasi Smart Lock di iOS kini memiliki opsi untuk menggunakan iPhone sebagai kunci untuk verifikasi dua langkah.

Dengan demikian, iPhone pun menjadi kunci hardware yang mesti dibawa apabila akan masuk ke akun Google.

Menurut keterangan yang dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (16/1/2020), Google memanfaatkan  fiturSecure Enclave di chip Apple A-series milik iPhone untuk menggunakan ponsel itu sebagai hardware security key

Kunci berbasis perangkat keras macam iPhone (lewat aplikasi Smart Lock) ini dipandang lebih aman dibandingkan dengan kode 2FA yang dikirim lewat SMS.

Baca juga: Ponsel Android Bisa Jadi Kunci Gmail dkk di PC, Ini Caranya

Sebenarnya ini bukan fitur yang benar-benar baru karena sebelumnya Google telah lebih dulu membuat semua perangkat Android 7.0 dapat digunakan sebagai kunci 2FA saat masuk ke Gmail, Drive, dan layanan lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9To5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com