Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Aplikasi Android Ini Bisa Menguras Isi Dompet meski Dihapus

Kompas.com - 17/01/2020, 12:21 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber bgr

KOMPAS.com - Baru-baru ini firma keamanan siber, Sophos, menemukan setidaknya ada 21 aplikasi Android berbahaya yang bisa menguras dompet pengguna. Semua aplikasi yang ditemukan ini masuk dalam kategori "fleeceware".

Fleeceware sejatinya bukanlah sejenis malware atau virus, melainkan julukan bagi aplikasi yang menipu penggunanya dengan iming-iming masa percobaan gratis yang singkat.

Setelah masa percobaan gratis tersebut berakhir, maka pengguna akan dikenai biaya berlangganan.

Para pengguna biasanya menghapus aplikasi (uninstall) ketika mengetahui bahwa masa percobaan gratisnya akan berakhir dengan anggapan tidak akan dikenai biaya langganan.

Baca juga: Awas, Ada Malware Sakti yang Kebal Factory Reset

Namun, berbeda dari aplikasi biasa, aplikasi yang masuk dalam fleeceware ini tetap membebankan biaya langganan meski aplikasinya telah dihapus dari perangkat.

Pasalnya, aplikasi fleeceware ini menganggap bahwa mereka yang tidak menyetop free trial secara manual, masih tergolong pengguna yang berlangganan aplikasi tersebut.

Alhasil, pengguna yang tidak menyetop layanan berlangganan di aplikasi fleeceware mungkin bakal kaget ketika ada biaya berlangganan yang rutin dibebankan.

Deretan aplikasi fleeceware yang ditemukan Sophos ini terbilang cukup populer. Bahkan, semua aplikasi telah diunduh sebanyak 600 juta kali.

Baca juga: Awas Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Ini dari Ponsel Android Anda

Menurut pihak Sophos, para pelaku fleeceware biasanya menggunakan jasa pihak ketiga untuk meningkatkan jumlah "install" aplikasi, tak ketinggalan mereka pun menghujani kolom review dengan ulasan positif untuk meyakinkan para korban.

Berikut ini adalah 21 aplikasi Android fleeceware yang ditemukan Sophos, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Jumat (17/1/2020).

Perlu dicatat, hingga berita ini ditulis, sebagian besar aplikasi, misalnya Go Keyboard dan Fortunemirror, masih terdaftar di Google Play Store.

1. Astrofun
2. Easysnap
3. VCUT
4. Face X Play
5. Filmigo
6. Go Keyboard
7. Go Keyboard Lote
8. Go SMS Pro
9. Go Recorder
10. Go Security
11. Fortunemirror
12. Z Camera
13. Master Recorder
14. S Photo Editor
15. Wonder Video
16. Clipvue
17. Filmix
18. Photo Recovery & Video Recovery
19. ScreenRecorder
20. V Recorder
21. V Recorder Lite

Baca juga: Pengguna Android Disarankan Hapus 17 Aplikasi Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bgr
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com