Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Akhirnya Sudah Bisa Pakai Mode Gelap

Kompas.com - 22/01/2020, 10:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Setelah lama dinantikan, akhirnya WhatsApp mulai menggulirkan tema gelap alias dark modeKabar ini diumumkan oleh WAbetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp.

Namun, mode gelap ini baru menyambangi pengguna WhatsApp versi beta. Untuk bisa mengaktifkannya, para beta tester bisa langsung memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi 2.20.13 di Google Play Store.

Baca juga: Ramai Kabar WhatsApp Bakal Berbayar Mulai Tahun Ini, Benarkah?

Pengguna Android yang bukan beta tester bisa mengunduh file APK WhatsApp versi 2.20.13 itu lewat situs seperti APK Mirror.

Setelah aplikasi diperbarui, mode gelap bisa langsung diaktifkan secara manual. Caranya pun mudah.

Klik ikon titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu "setting" (pengaturan), lalu pilih "chat" (percakapan).

Nantinya akan muncul menu baru yakni "Theme" (tema). Di dalam menu tersebut akan ada tiga opsi yakni "system default", mode terang, dan mode gelap.

Baca juga: Facebook Dikabarkan Batal Selipkan Iklan di WhatsApp

Jika ingin mengganti tema gelap, pilih opsi "dark" (gelap). Alhasil, seluruh tampilan WhatsApp akan didominasi warna gelap yang senada dengan warna mode gelap di Instagram.

Cara aktifkan tema gelap di WhastAppKOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma P Cara aktifkan tema gelap di WhastApp

Berdasarkan pantauan KompasTekno seusai menjajalnya, Rabu (22/1/2020), warna gelap dark mode di WhatsApp ini dipadu dengan warna putih pada bagian teks, seperti nama kontak dan pesan. Sementara warna hijau khas WhatsApp akan menandai menu yang dipilih.

Di ruang obrolan, kolom pesan yang dikirim akan berwarna hijau tua, sementara pesan yang diterima akan bewarna gelap. Tampilan WhatsApp dalam mode gelap kurang lebih seperti ini.

Tampilan WhatsApp tema gelapKOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Tampilan WhatsApp tema gelap

Perlu diingat bahwa fitur mode gelap di WhatsApp masih dalam tahap beta. Artinya, belum semua pengguna bisa menjajal fitur ini.

Baca juga: Seperti Inilah Tampilan Dark Mode pada WhatsApp

Untuk iOS, program beta tester WhatsApp dilaporkan masih tutup karena sudah penuh. Apabila nanti sudah dibuka kembali, peminat mesti mendaftar lebih dulu lewat TestFlight Apple.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com