Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Belum Mau Bawa Ponsel Tahan Air ke Indonesia, Mengapa?

Kompas.com - 23/01/2020, 17:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar ponsel flagship terkini, memiliki daya tahan terhadap debu dan air (water resistant). Ponsel yang memiliki daya tahan tersebut, biasanya mendapatkan sertifikat IP67 atau IP68.

Oppo pun memiliki lini ponsel yang juga tahan air dan debu. Salah satunya adalah seri Oppo R15 Pro yang telah mendapatkan sertifikat IP67.

Kendati demikian, Oppo ternyata belum berencana untuk membawa ponsel dengan sertifikat tahan air dan debu ke Indonesia.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, smartphone dengan sertifikat tahan debu dan air belum begitu dibutuhkan oleh konsumen Tanah Air.

"Tidak ada pasarnya, (mungkin) tidak ada yang beli karena itu untuk pasar yang spesifik," ujar Aryo kepada KompasTekno di sela peluncuran program Oppo We Care di Karet, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

"Kalau (ponsel tahan air) itu sampai di market yang umum, yang terjadi ya ponsel bakal dipakai di dalam air atau dibawa berenang," imbuhnya.

Baca juga: Kerusakan Ponsel akibat Air Meningkat, Oppo Bikin Program Diskon We Care

Ia pun melanjutkan, Oppo justru lebih fokus untuk membuat ponselnya agar lebih tahan percikan air (splash resistant). Khususnya untuk ponsel dengan desain unibody, seperti Oppo Reno 10x Zoom atau Oppo Reno 2.

Terkait Reno, Aryo juga mengonfirmasi bahwa tahun ini pihaknya bakal fokus untuk meluncurkan teranyar untuk seri tersebut.

Sebab, berdasarkan survei yang pihak Oppo lakukan, kemampuan konsumen Indonesia untuk membeli smartphone adalah beriksar antara Rp 4 juta hingga Rp 6 juta. Harga tersebut merupakan rentang harga yang dimiliki ponsel seri Reno.

Baca juga: Oppo Patenkan Kamera Belakang Berbentuk Unik, untuk Find X2?

Kendati demikian, Aryo tidak membeberkan perangkat Reno apa saja yang bakal dibawa ke Tanah Air.

Namun, ia memastikan bahwa ponsel Oppo Reno series yang bakal dibawa ke Indonesia tahun ini akan lebih banyak dibanding ponsel Oppo A series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com