Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donald Trump Sebut Pendiri Facebook Akan Jadi Calon Presiden AS

Kompas.com - 28/01/2020, 13:03 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, disebut akan mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat. Kabar tersebut disinggung oleh Donald Trump dalam sebuah wawancara. 

Dalam wawancara, Trump mengatakan bahwa Ia mendengar kabar Mark Zuckerberg akan maju sebagai capres pada Pilpres tahun 2020 ini. Adapun Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat akan dilakukan pada bulan November mendatang.

Mendengar hal itu, Trump pun menyatakan bahwa tidak ada kekhawatiran yang muncul jika kabar tersebut benar adanya. Kendati demikian Trump mengatakan bahwa Zuckerberg memiliki "backing" yang kuat.  

"Saya dengar dia akan mencalonkan diri menjadi Presiden, menurut saya, hal itu tidak akan terlalu menakutkan. Tapi dia memiliki 'monster' di belakangnya," kata Trump

Tidak jelas apa yang dimaksud Trump ketika dirinya menyebut kata "monster". Pihak Gedung Putih pun tidak memberikan klarifikasi dan keterangan lebih lanjut soal ungkapan "monster" yang dimaksud oleh Trump.

Baca juga: Kecewa pada Zuckerberg, Luke Skywalker Hapus Akun Facebook

Namun, ada dugaan bahwa "monster" yang dimaksud adalah media sosial Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. 

 

Selain itu, Trump juga memuji penanganan iklan politik yang dirumuskan oleh Zuckerberg. Trump menilai bahwa Zuckerberg sudah melakukan apa yang seharusnya ia tangani.

Dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Selasa (28/1/2020), pada tahun 2017 lalu Mark Zuckerberg juga pernah disebut akan mencalonkan diri sebagai Presiden AS.

Kala itu, Zuckerberg terlihat melakukan sejumlah kunjungan ke pangkalan militer di AS dan sejumlah kantor media. Kunjungan tersebut diduga merupakan langkah awal sebelum maju ke bursa calon presiden.

Baca juga: Mark Zuckerberg Tinggalkan Tradisi Bikin Resolusi Tahun Baru

Namun kemudian Zuckerberg membantah spekulasi tersebut melalui sebuah pernyataan di akun Facebook miliknya.

“Beberapa dari kalian bertanya, apakah semua yang saya lakukan ini karena saya ingin mencalonkan diri bekerja di kantor publik. Tidak akan," tulis Zuckerberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com