Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Resmi Android di Twitter Buka Layanan Konsultasi Masalah OS

Kompas.com - 28/01/2020, 14:32 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, Google memanfaatkan akun resmi sistem operasi (OS) Android di Twitter (@Android) untuk sekadar memberikan informasi terkini terkait pembaruan OS dan beragam ekosistem produknya. 

Kini, lewat sebuah unggahan Twitter, Google resmi mengumumkan bahwa akun tersebut juga akan digunakan untuk menjawab aneka pertanyaan seputar masalah yang melanda pengguna ponsel bersistem operasi Android.

"Punya aneka pertanyaan yang berhubungan dengan ponsel Android-mu? Kami di sini untuk membantu," ujar akun Twitter @Android.

Baca juga: 9 Aplikasi Gratis untuk Edit Foto di Android

"Sekarang Anda bisa mendapatkan bantuan dengan mengirimkan twit terkait masalah Anda dengan hashtag #AndroidHelp," imbuh mereka.

Adapun jenis kendala yang bisa dikonsultasikan, menurut akun AndroidOSSupport di forum online Reddit, mencakup troubleshooting, masalah keamanan dan otentikasi, aksesibilitas, dan fitur-fitur Android lainnya.

Artinya, akun @Android kemungkinan besar tidak akan membantu pengguna yang memiliki persoalan seputar perangkat lunak yang bukan fitur Android secara default, misalnya masalah terkait sistem antarmuka (UI) buatan vendor perangkat.

Nah, bagi Anda yang memiliki keluhan terkait OS Android di ponsel, Anda bisa langsung mengunggah twit yang berisikan masalah yang dialami berikut tanda pagar (tagar) #AndroidHelp. 

Nantinya, akun @Android akan coba membantu mengatasi keluhan yang dikirimkan. Kendati demikian, belum bisa dipastikan apakah keluhan yang dilayangkan bakal segera direspon atau tidak.

Baca juga: Hati-hati, 30 Aplikasi Android Ini Diam-diam Curi Data Pengguna

Dari pantauan KompasTekno, Selasa (28/1/2020), akun @Android tampak belum membalas berbagai keluhan yang dibubuhi dengan tagar #AndroidHelp di kolom "Reply" twit pengumuman tadi. 

Bisa jadi pihak Google melayangkan solusi atas masalah pengguna secara privat, misalnya melalui Direct Message (DM), tidak secara publik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidAuthority.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com