Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-Wallet Dana Sudah Pakai Standar QRIS di Merchant

Kompas.com - 28/01/2020, 17:46 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - E-wallet Dana kini sudah mendukung standar (QRIS Quick Response Code Indonesia Standard) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia. Menurut Dana, QRIS menjadi upaya mereka dalam meningkatkan kapabilitas, keandalan, dan memperkaya user experience.

"Karena sebenarnya QRIS ini tujuannya untuk membuat masyarakat Indonesia supaya mengadopsi digital lebih cepat", kata CEO sekaligus co-founderDana, Vincent Iswara dalam acara jumpa media di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Implementasi QRIS di Indonesia ini sudah dilakukan sejak awal Januari 2020. QRIS adalah standar QR code yang bisa dipakai untuk melakukan pembayaran, yang dibuat oleh Bank Indonesia.

Baca juga: Beli Aplikasi di App Store dan Langganan iCloud Kini Bisa dengan Dana

Dengan QRIS, pengguna e-wallet bisa melakukan pembayaran lintas platform, misal pengguna Dana membayar di outlet Ovo yang juga memakai QRIS. Pengguna Dana cukup melakukan scan QRIS di merchant-merchant yang memiliki, lalu memilih sumber dana untuk pembayaran.

Co-founder zDana, Vincent Iswara.KOMPAS.com/Conney Stephanie Co-founder zDana, Vincent Iswara.
Sementara non-pengguna Dana cukup membuka aplikasi pembayaran yang mereka gunakan (misal Ovo atau GoPay), lalu melakukan pemindaian Dana QRIS yang tersedia di merchant Dana. Diharapkan, Indonesia hanya membutuhkan satu QR code untuk semua pembayaran.

Ketika disinggung soal adanya pesaing e-wallet yang sudah ada, Dana justru menilai bahwa hal itu tidak menjadi suatu ancaman.

"Justru kami tidak melihat mereka sebagai saingan, tapi kita melihat keberadaan mereka itu membantu bahwa digital payment itu adalah the future", imbuh Vincent.

Baca juga: Bayar Langganan Amazon Prime Video di Indonesia Bisa dengan GoPay

Vincent juga menilai bahwa dengan membangun budaya non-tunai, hal itu dapat mendukung peningkatan ekonomi digital di Indonesia.

Lebih lanjut, di tahun ini Dana ingin terus menciptakan sesuatu yang baru guna memberikan keuntungan bagi penggunanya.

"Tahun ini banyak hal yang akan kita lakukan untuk memberikan benefit to the customer", pungkas Vincent.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com