Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Layar Lipat Nokia Meluncur Akhir 2020?

Kompas.com - 29/01/2020, 08:15 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren ponsel layar lipat (foldable phone) kian digandrungi oleh para vendor smartphone. Yang terbaru, HMD Global dilaporkan bakal ikutan membuat perangkat layar lipat mengikuti jejak Samsung, Motorola, dan Huawei.

Informasi ini berasal dari seorang sumber yang dilansir oleh portal serba-serbi produk Nokia, Nokiamob.net.

Sumber tersebut mengklaim bahwa ponsel lipat Nokia yang namanya masih misterius itu ternyata sudah tercantum di draft kalender HMD Global, sebagai perangkat yang siap dirilis pada akhir 2020 atau awal 2021.

Nah, munculnya kabar ini terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, sejauh ini belum ada semacam paten atau sekadar bocoran gambar yang menguak rancangan ponsel layar lipat Nokia itu.

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Fold Resmi Dijual di Indonesia

Namun, seorang pembocor produk Nokia di Twitter, Nokia Anew (@nokia_anew), sempat menyebut bahwa purwarupa ponsel ini sebenarnya sudah rampung sekitar pertengahan 2019 lalu dan kini sudah siap untuk dipamerkan.

Sehingga, ada kemungkinan HMD Global bakal menguak detail terkait perangkat tersebut di ajang Mobile World Congress (MWC) 24 Februari mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Rabu (29/1/2020).

Meski begitu, seluruh informasi ini belum bisa diyakini kebenarannya lantaran pihak HMD Global masih bungkam. Bisa saja ponsel lipat misterius ini hanya isapan jempol belaka atau produk fiktif.

Baca juga: Ponsel Lipat Galaxy Z Flip Lolos TKDN 46 Persen, Siap Masuk Indonesia?

Namun, jika perusahaan asal Finlandia ini memang serius untuk terjun ke persaingan smartphone dengan layar fleksibel, maka mereka sejatinya harus memilih mekanisme lipatan macam apa yang bakal diusung produknya.

Apakah mekanisme lipatan clamshell bak Motorola Razr (2019)? Atau justru mekanisme lipatan konvensional layaknya tablet, seperti Galaxy Fold atau Huawei Mate X? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com