Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update iOS 13.3.1 Perbaiki iPhone 11 yang Diam-diam Melacak Pengguna

Kompas.com - 30/01/2020, 07:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pengguna Apple, khususnya iPhone kini bisa memperbarui sistem operasi perangkatnya ke versi baru iOS 13.3.1. Apple mengaku telah membawa serangkaian fitur dan pembaruan baru untuk memperbaiki bug.

Ada dua masalah penting yang diselesaikan oleh iOS 13.3.1. Pertama, pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max kini akan menemukan tombol baru untuk menonaktifkan pelacakan lokasi (location tracking) pada chip U1 Ultra Wideband.

Baca juga: iPhone 11 Diam-diam Lacak Lokasi Pengguna, Apa Kata Apple?

Chip tersebut sempat menjadi sorotan karena cara kerjanya yang terus menerus memantau lokasi pengguna tanpa diketahui, meskipun location tracking sudah dimatikan di settings.

Sementara, Ultra Wideband adalah Fitur yang merupakan bagian dari chip U1 di jajaran iPhone 11 ini memungkinkan perangkat-perangkat dalam jarak berdekatan untuk saling berkomunikasi secara lokal, tanpa harus tergantung pada sinyal ponsel atau satelit.

Salah satu fungsi dari Ultra Wideband adalah agar pengguna dapat berbagi file ke perangkat lain di dalam ruangan dengan fitur AirDrop.

Baca juga: 2020, Ponsel Android dan iOS Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Apple turut menghilangkan "Communication Limits" di iOS 13.3.1. Hal ini memungkinkan pengguna iPhone di bawah umur untuk menambah kontak tanpa perlu mengakses password "Screen Time".

Dengan begini, orang tua tidak akan perlu repot-repot memasukkan password ketika sang anak ingin menambahkan kontak baru pada perangkatnya.

Pembaruan untuk iPad hingga Home Pod

Pengguna iPad juga mendapatkan pembaruan terbaru pada iPad OS versi 13.3.1.

Pada pembaruan ini, Apple menyiapkan perbaikan untuk menghilangkan bug yang membuat remote gambar jarak jauh tetap dimuat ketika pengaturan "Load Remote Images" pada aplikasi Mail telah dinonaktifkan.

Selain itu, terdapat perbaikan pada fitur FaceTime, memperbaiki aplikasi Photos dimana adanya "delay" saat pengguna melakukan editing dan perbaikan pada CarPlay.

Baca juga: Ini Daftar Game dan Aplikasi iOS Terbaik Tahun 2019

Untuk pengguna HomePod, terdapat pilihan bahasa baru yakni Bahasa Inggris India yang telah ditambahkan sebagai opsi suara Siri terbaru. Ada pula pembaruan software untuk macOS, watchOS dan tvOS.

Bagi pengguna yang ingin memperbarui sistem operasinya ke iOS 13.3.1, caranya sangat mudah. Pengguna cukup masuk ke menu "Settings", kemudian pilih opsi "General" dan pilih "Software Update".

Disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi jika ingin melakukan pembaruan ini supaya tidak banyak mengurangi penggunaan kuota data internet. iOS 13.3.1 memiliki ukuran mencapai 300MB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com