Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Emoji Baru di 2020, Ada Bubble Tea hingga Ninja

Kompas.com - 31/01/2020, 15:05 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan emoji adalah alat unutk menyalurkan ekspresi bagi para pengguna gadget. Chatting pun jadi lebih berwarna dan menyenangkan. 

Tak lama lagi pilihan emoji akan bertambah banyak dengan hadirnya 62 emoji baru dalam pembaruan Unicode 13. Di antara deretan emoji anyar ini terdapat minuman ikonik bubble teagambar organ jantung dan paru-paru, hingga bendera transgender.

Baca juga: DM Twitter Kini Punya Emoji Reactions Mirip Facebook

Rangkaian emoji baru tersebut bisa dilihat dalam video singkat yang diunggah oleh akun @Emojipedia di Twitter.

Kicauan yang diunggah pada 30 Januari 2020 ini telah mendapatkan respon retweet sebanyak 13.500 dan likes sebanyak 50.200.

Dalam sebuah posting blog, pihak Unicode Consortium selaku badan standarisasi emoji menyatakan bahwa rangkaian emoji dalam Unicode 13 akan mulai dirilis untuk vendor pada Maret mendatang.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (31/1/2020), emoji-emoji baru diperkirakan baru akan mulai hadir di gadget menjelang akhir tahun ini.

Baca juga: Emoji Dua Telapak Tangan Menempel, Berdoa atau Tos High Five?

"Emoji baru biasanya akan muncul di smartphone sekitar bulan September atau Oktober -beberapa platform lain mungkin lebih dulu merilisnya," tulis Unicode.

Beberapa vendor mungkin mengubah desain emoji untuk digunakan di platform miliknya, seperti Google dalam contoh di bawah. Vendor lain, seperti Twitter, sudah lebih dulu mendukung segelintir emoji baru sebelum resmi diumumkan oleh Unicode.

emoji emoji yang telah dari di Google dan Twitter sebelum perilisan emoji versi 13.0KOMPAS/Putri Zakia Salsabila emoji emoji yang telah dari di Google dan Twitter sebelum perilisan emoji versi 13.0

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com