Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Khawatir Produksi Smartphone Terancam

Kompas.com - 10/02/2020, 12:13 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Dampak virus corona di industri teknologi semakin terasa. Bahkan, pabrikan chip Qualcomm mengatakan bahwa dampak penyebaran virus tersebut bisa mengancam pasokan komponen yang dibuatnya.

Diketahui, Qualcomm merupakan salah satu pemasok terbesar untuk komponen System-on-Chip (SoC) dan chip modem yang disematkan di dalam smartphone.

Artinya, jika produksi di Qualcomm terganggu maka rantai pasokan komponen smartphone ke produsen kemungkinan juga bakal terhambat.

"Ada ketidakpastian yang signifikan terkait dampak virus Corona terhadap permintaan perangkat dan rantai pasokan (komponen)," ujar Executive Vice President dan Chief Financial Officer Qualcomm, Akash Palkhiwala, sebagaimana dikutip KompasTekno dari SCMP, Senin (10/2/2020).

Baca juga: Pasokan iPhone Diprediksi Menurun gara-gara Virus Corona

Lebih lanjut, Akash juga menyadari bahwa wabah virus corona kemungkinan bakal mempengaruhi harga saham Qualcomm (QCOM).

Walhasil, ia memperkirakan harga saham tersebut bakal berkisar di angka 0,80 sen hingga 0,95 sen dolar AS di Q2 mendatang, menurun dari taksiran harga terendah 0,85 sen dolar AS di Q1.

Harga saham QCOM sendiri sempat turun ke angka 86,40 sen dolar AS kurang lebih sehari setelah Akash melontarkan komentar terkait virus corona tadi.

Namun, pantauan KompasTekno, Senin siang, harga saham kembali naik berada di angka 87,42 sen dolar AS.

Baca juga: Wabah Corona Ganggu Produksi Layar Televisi dan Laptop

Agar wabah virus corona tidak begitu berdampak pada harga saham, pihak Qualcomm telah meyakinkan para investor bahwa produksi pabrikan chip ini sebenarnya tidak terpaku di wilayah China saja.

Terlebih, kekuatan pasar 5G sendiri ditaksir bakal sangat mencolok di tiga negara yang notabene berada di luar China, yakni Amerika Serikat, Korea, dan Jepang.

"Jika kami memiliki masalah, baik masalah rantai pasokan atau masalah permintaan di China, kami cenderung memiliki kemampuan untuk menjadikan daerah lain untuk membantu (mengatasi) masalah tersebut," tutur Chief Executive Officer Qualcomm, Steve Mollenkopf.

"Kami ingin memastikan bahwa kami mempertahankan kekuatan kami di berbagai penjuru pasar lain (bukan hanya China)," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com