Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Bill Gates Beli Kapal Pesiar Seharga Rp 8,8 Triliun?

Kompas.com - 11/02/2020, 10:02 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, wajar bila Bill Gates mampu membeli barang-barang super mahal yang harganya di luar jangkauan kantong orang lain.

Akhir pekan lalu dia dlaporkan memesan superyacht alias kapal pesiar pertama di dunia yang bertenaga hidrogen. Harga kapal yang bermam "Aqua" ini mencapai 644 juta dollar AS atau setara Rp 8,8 triliun.

Baca juga: Bill Gates hingga Mark Zuckerberg, Apa Jurusan Kuliah Para Miliarder?

Perancangnya, Sinot Yacht Architecture and Design asal Belanda, mengatakan bahwa desain Aqua terinspirasi dari aliran air dan teknologi.

Bahan bakarnya adah hidrogen cair yang disimpan di dalam dua tangki vacuum-sealed bersuhu minus 253 derajat celsius.

Hidrogen digabungkan dengan oksigen untuk menghasilkan listrik, dengan produk sampingan berupa air. Aqua pun ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi sama sekali, meski ada juga mesin diesel yang digunakan sebagai cadangan.

Kapal sepanjang 112 meter ini memiliki lima dek dan ruang yang dapat menampung 14 tamu serta 31 kru kapal. Kecepatannya mencapai 17 knot dan mampu menempuh jarak 3.750 mil atau sekitar 6 ribu kilometer.

Fasilitas lain yang disediakan mencakup helipad, spa, gym, hingga kolam renang. Aqua diperkirakan baru akan selesai dibangun untuk dikirim ke pemesannya pada 2024 mendatang.

Baca juga: Bill Gates Donasikan Rp 1,3 Triliun untuk Bantu Atasi Wabah Corona

Namun, benarkah Bill Gates memesan kapal pesiar super mewah berharga triliunan rupiah ini? Kabar tersebut belakangan dibantah oleh pihak Sinot yang mengaku tidak memiliki "hubungan bisnis dengan Bill Gates atau perwakilannya".

"Aqua masih berupa konsep yang masih dikembangkan dan belum terjual ke bapak Gates," ujar seorang juru bicara Sinot, dihimpun KompasTekno dari BBC, Selasa (11/2/2020).

Sebelumnya, konsep Aqua baru dipublikasikan dalam pameran yacht di Monaco oleh Sinot. Kini sudah jelas bahwa Bill Gates belum tercantum sebagai calon pembelinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com