Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: 30 Aplikasi Android Ini Diam-diam Curi Data Pengguna

Kompas.com - 11/02/2020, 14:29 WIB
Conney Stephanie,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski Google Play Store merupakan platform resmi penyedia aplikasi untuk pengguna Android, nyatanya tak menutup kemungkinan masih ada aplikasi yang dapat merugikan penggunanya.

Menurut laporan terbaru dari CyberNews, ada sederet aplikasi populer di Google Play Store yang ternyata dapat mencuridata milik pengguna.

Sebagian besar adalah aplikasi kamera yang kerap digunakan untuk mempercantik hasil jepretan. Bahkan tak sedikit aplikasi yang meminta lebih dari tujuh izin akses perangkat milik pengguna.

Aplikasi tersebut meminta sejumlah izin untuk mengakses mikrofon guna merekam suara, melacak lokasi pengguna, akses untuk membaca status ponsel, dll.

Setidaknya ada 30 aplikasi yang secara diam-diam mengumpulkan data pengguna, menampilkan iklan berbahaya dan mengarahkan pengguna ke halaman phishing.

Baca juga: Lagi-lagi, Aplikasi Berbahaya Ditemukan Beredar di Google Play Store

Untuk menghindari adanya tindakan yang dapat merugikan ini, bagi Anda pengguna Android sebaiknya tidak menginstal 30 aplikasi kamera ini pada ponsel Anda.

Atau jika sudah kadung terpasang, sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut dari ponsel Anda.

Simak daftar 30 aplikasi kamera yang berbahaya tersebut dari video di atas atau langsung dari YouTube melalui tautan ini.

Ilustrasi malware di Android.Ist Ilustrasi malware di Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com