Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel, Vivo, dan Facebook Batal Ikut MWC 2020 karena Virus Corona

Kompas.com - 12/02/2020, 12:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Menjelang perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol, satu per satu perusahaan teknologi besar yang selama ini rutin menjadi pesertanya justru memutuskan tidak hadir karena kekhawatiran wabah virus corona

Daftar "exodus" dari MWC belakangan bertambah panjang karena Intel, Vivo, dan Facebook telah mengumumkan bakal absen.

Mereka mengikuti jejak LG, Nvidia, ZTE, Sony, dan Ericsson yang telah mengumumkan pembatalan sebelumnya. Alasannya seragam, semua perusahaan itu mengkhatirkan virus corona yang masih mewabah.

Baca juga: Sony Batal Hadir di MWC 2020 karena Wabah Virus Corona

"Kemanan dan kesejahteraan seluruh karyawan dan mitra adalah prioritas utama kami dan kami telah mundur dari MWC tahun ini dengan berbagai pertimbangan," jelas perwakilan Intel.

Setali tiga uang dengan Intel, Facebook menyatakan bakal absen karena ingin "berhati-hati".
"Karyawan Facebook tidak akan menghadiri Mobile World Congress, disebabkan risiko kesehatan terkait virus corona," ujar seorang juru bicara perusahaan jejaring sosial tersebut.

Arena MWC yang bisa mengumpulkan ratusan ribu orang dari berbagai belahan dunia di satu tempat ditakutkan bisa menjadi ajang penularan virus, meski GSMA selaku penyelenggaranya sudah menyatakan bakal melakukan langkah-langkah preventif.

Hingga saat ini, di Barelona sendiri belum ada laporan kasus positif Corona. Menurut laporan Reuters, Spanyol baru menerima dua laporan kasus positif virus Corona, yakni di Pulau Mallorca dan Pulau Canary.

Baca juga: GSMA Antisipasi Risiko Persebaran Corona di MWC 2020

Hal senada juga diungkapkan Vivo. Perusahaan asal China ini akhirnya batal memperkenalkan Vivo Apex 2020 yang sedianya akan dilakukan di MWC. Menurut perwakilan Vivo, penjadwalan ulang perilisan Apex akan diumumkan segera.

Sebelumnya, Sony juga mengatakan alasan yang sama. Dikarenakan Badan Kesehatan Dunia telah menetapkan status darurat untuk virus Corona, Sony memilih batal hadir.

"Karena keselamatan dan kesejahteraan kustomer, mitra, media, dan karyawan, kami telah mengambil keputusan sulit untuk menarik diri dari MWC 2020, di Barcelona, Spanyol," kata perwakilan Sony, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (12/2/2020).

Padahal, dalam ajang MWC sebelum-sebelumnya, Sony rajin memperkenalkan perangkat barunya. Sebut saja smartphone flagship Xperia 1 tahun lalu.

Sebagai gantinya, Sony mengatakan akan tetap memperkenalkan perangkat-perangkat barunya secara online di kanal YouTube Xperia.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Peserta MWC dari China Dikurangi dan Dikarantina

Langkah berbeda dilakukan TCL. Perusahaan asal Guangdong, China itu hanya membatalkan konferensi pers saja, namun tetap hadir di MWC 2020.

Dalam keterangan resminya, langkah preventif yang dilakukan GSMA termasuk melarang peserta atau pengunjung dari Provinsi Hubei, yang diyakini sebagai tempat awal munculnya virus corona, untuk masuk ke area MWC.

Kemudian, siapapun yang sempat mengunjungi wilayah lain di China harus menunjukan bukti bahwa mereka telah keluar dari negara tersebut 14 hari sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com