Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Duo Dibikin Permanen di Samsung Galaxy S20

Kompas.com - 13/02/2020, 19:20 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam perhelatan Galaxy Unpacked yang digelar di kota San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (11/2/2020), Samsung mengumumkan kerja sama teranyarnya dengan raksasa teknologi Google.

Lewat kolaborasi tersebut, Samsung bakal mengintegrasikan fitur-fitur di aplikasi percakapan video Google Duo di dalam sistem Galaxy S20 serta Galaxy Z Flip. Artinya, pengguna bisa menikmati aneka fitur Duo tanpa harus membuka aplikasi terkait.

"Google Duo akan akan langsung terintegrasi dengan aplikasi kontak, telepon (dialer), dan SMS," ujar Head of U.S. Mobile Channel Marketing Samsung Electronics, David Park, di atas panggung Galaxy Unpacked.

Ikon Duo di aplikasi dialer.AndroidPolice Ikon Duo di aplikasi dialer.

Nantinya, akan ada ikon "Duo" yang bisa diklik untuk langsung melakukan panggilan video dari sejumlah aplikasi sistem yang disebutkan tadi.

Pada aplikasi dialer, misalnya, pengguna cukup mengetikkan nomor telepon yang dituju dan lantas mengklik ikon "Duo" untuk langsung melakukan panggilan video.

Baca juga: Momen Langka Akun Twitter Android, Unggah soal Samsung Galaxy S20

Uniknya, tak hanya sekadar "menempel" di sistem, layanan Duo juga nantinya bisa memanfaatkan hardware kamera yang tersemat di ponsel untuk melakukan panggilan video dari beragam mode kamera.

Sebagai contoh, pengguna Galaxy S20 bisa memanfaatkan kamera ultrawide untuk melakukan panggilan video dalam mode landscape.

Dengan begitu, pengguna bisa "mamasukkan" lebih banyak orang dalam satu frame lantaran jangkauan video sejatinya akan lebih luas. 

Baca juga: Samsung Galaxy S20 Ultra, Berkamera 108 MP dan Bisa Zoom 100x

Tak ketinggalan, kualitas panggilan video di Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip juga bisa digenjot hingga resolusi Full HD, sehingga gambar yang ditampilkan tidak terlihat burik.

Kendati demikian, baik Google maupun Samsung tidak memberikan informasi kapan aneka fitur Google Duo ini bisa dipakai secara langsung di Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip.

Belum jelas juga apakah fitur ini bakal tersedia di perangkat Galaxy lainnya atau tidak.

Baca juga: Spesifikasi serta Harga Samsung Galaxy S20 Ultra, S20+, dan S20 di Indonesia

Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra bisa dipesan di Indonesia hingga 23 Februari di situs Galaxy Launch Pack, dengan banderol harga masing- masing Rp 12,9 juta, Rp 14,499 juta, dan Rp 18,499 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com