Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Ini Ungkap Xiaomi Mi 10 Bakal Masuk Indonesia

Kompas.com - 14/02/2020, 15:16 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi baru saja meluncurkan Mi 10 dan Mi 10 Pro di China. Kemungkinan, Xiaomi akan memboyong ponsel ini ke luar China, termasuk Indonesia.

Indikasi ini muncul dari temuan anggota forum XDA Developer dengan username yshalsager setelah mengoprek kode pemrograman di MIUI 11.

Ia menemukan EEA (European Economic Area), Global, RU (Russia), ID (Indonesia), dan IN (India) tercantum dalam MIUI 11.

Dari kode ini, diduga Xiaomi sedang membuat MIUI 11 untuk beberapa negara yakni Indonesia, India, Eropa, dan Rusia.

Jika dugaan ini benar, Mi 10 dan Mi 10 Pro menjadi seri flagship kedua Xiaomi yang hadir di Indonesia tahun ini. Selama ini, Xiaomi lebih banyak memasarkan Redmi di Indonesia.

Sementara seri Mi yang masuk segmen flagship hanya hitungan jari. Di tahun 2020, baru Mi Note 10 Pro yang resmi dijual di Indonesia.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro di Indonesia

Di India, Managing Director Xiaomi juga telah memberi sinyal akan kehadiran Mi 10 di India. Namun, ia mengatakan harga Mi 10 akan berbeda di India karena semua komponen harus diimpor dari China.

"Membuat perangkat seperti itu membutuhkan fasilitas yang canggih yang tidak tersedia di India. Kami harus mengimpor 100 persen unit jika meluncurkan Mi 10 di India," twit Jain, , sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (14/2/2020).

Sejauh ini, perwakilan Xiaomi Indonesia belum memberikan tanda-tanda apapun terkait kehadiran duo Mi 10 tersebut.

Mi 10 dan Mi 10 Pro membawa spesifikasi unggulan. Di sektor hardware misalnya, kedua ponsel telah ditenagai chipset Qualcomm termutakhir yakni Snapdragon 865.

Baca juga: Xiaomi Resmi Umumkan Mi 10 dan Mi 10 Pro, Ini Harganya

Keduanya dibekali empat kamera belakang yang memiliki konfigurasi hampir sama.

Kamera belakang di Mi 10 terdiri dari kamera utama 108 MP (lensa wide), kamera ultrawide 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera 3D ToF 2 MP.

Sementara kamera belakang di Mi 10 Pro mencakup kamera utama 108 MP (lensa wide), kamera ultrawide 16 MP, kamera telefoto 12 MP (2x optical zoom), dan kamera depth sensor 5 MP.

Meskipun agak berbeda keduanya sama-sama mendukung perekaman video hingga resolusi 8K. Ada pula berikut fitur penstabil gambar Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS).

Baca juga: Begini Hasil Jepretan Kamera 108 Megapiksel Xiaomi Mi Note 10 Pro

Layar Mi 10 dan Mi 10 Pro berbentang 6,7 inci panel AMOLED dengan resolusi Full HD Plus.
Desain layar menggunakan punch hole atau lubang kamera. Di dalamnya tertampung kamera selfie beresolusi 20 megapiksel.

Di China, Mi 10 dibanderol dengan harga termurah 3.999 yuan, atau sekitar Rp 7,8 juta, untuk model RAM 8 GB dan storage 128 GB.

Sementara Mi 10 Pro sendiri dijual dengan harga termurah 4.999 yuan, atau setara dengan Rp 9,8 juta, untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com