Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Haru Ibu Bertemu Anak yang Telah Meninggal lewat VR

Kompas.com - 17/02/2020, 08:37 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah film dokumenter asal Korea Selatan menceritakan pertemuan orangtua dengan anaknya yang telah meninggal, menggunakan teknologi VR (virtual reality)

Film dokumenter berjudul I Met You menceritakan seorang ibu bernama Jang Ji-sung "bertemu" dengan putrinya, Nayeon, yang telah meninggal dunia sejak 2016 dalam usia tujuh tahun akibat sakit.

Momen haru ketika Jang Ji-sung bertemu dengan putrinya Nayeon itu disiarkan oleh Munhwa Broadcasting Corporation melalui kanal YouTube-nya pada 6 Februari 2020.

Baca juga: Sapi Ini Pakai Headset VR untuk Meningkatkan Kualitas Susu

Dihimpun KompasTekno dari Aju Business Daily, Senin (17/2/2020), dikatakan bahwa tim produksi MBC membutuhkan setidaknya waktu delapan bulan untuk menciptakan Nayeon dalam bentuk virtual.

Dengan menggunakan teknologi VR tersebut, karakter Nayeon dibuat sedetail mungkin, mulai dari wajah, tubuh, hingga suara pun benar-benar dibuat mirip.

Dalam video itu terlihat Jang Ji-sung mengenakan headset VR dan sarung tangan khusus
untuk melihat, mendengar, dan menyentuh putrinya dalam versi virtual.

Lalu, ia berjalan mengelilingi green room, di mana dalam penglihatannya, ia tengah berada di sebuah taman dan seolah-olah sedang berinteraksi dengan putrinya, Nayeon.

Tak hanya itu, Jang Ji-sung dan putrinya juga menghabiskan waktu bersama-sama dengan saling berpegangan tangan, memetik bunga, dan merayakan ulang tahun Nayeon lengkap dengan kue kesukaannya.

Baca juga: Maskapai Ini Tawarkan VR sebagai Hiburan di Pesawat

Dalam dokumenter itu, Jang Ji-sung juga didampingi oleh suami dan kedua anaknya yang
menangis saat menyaksikan momen pertemuan dengan Nayeon tersebut.

Jang Ji-sung mengatakan bahwa rasa rindunya terbayar ketika ia telah "bertemu" dengan
putrinya Nayeon berkat teknologi VR tersebut.

"Mungkin itu benar-benar surga. Aku bertemu Nayeon yang memanggilku dengan senyum untuk waktu yang sangat singkat, tapi ini dapat membuatku sangat bahagia," ucap Jang Ji-sung dalam film dokumenter tersebut.

Jang Ji-sung juga berharap semua orang yang menonton dokumenter ini akan selalu ingat dengan Nayeon.

Film dokumenter I Met You telah ditonton sebanyak 13 juta kali di kanal YouTube MBClife, dan mendapat reaksi komentar dari banyak orang yang mengaku ikut merasakan kesedihan dari Jang Ji-sung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com