Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesama Layar Lipat, Galaxy Z Flip Lebih Laris Dibanding Galaxy Fold

Kompas.com - 21/02/2020, 07:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel lipat Galaxy Z Flip mendapat sambutan cukup positif di Indonesia. Ponsel lipat seharga Rp 21.888.000 ini diklaim ludes di hari pertama pre-order hanya dalam waktu 66 menit.

Menurut Samsung Indonesia, animo masyarakat Tanah Air menyambut Galaxy Z Flip ini lebih besar dibanding pendahulunya, Galaxy Fold.

"Yang ini (Galaxy Z Flip) lebih tinggi animonya (dibanding Galaxy Fold). Kurang lebih 1,2 atau 1,5 kali lipat animonya," ungkap Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan dalam acara preview Galaxy Z Flip di Jakarta, Rabu (20/2/2020).

Baca juga: Membandingkan Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Flip dan Motorola Razr

Ia mengatakan, banyak masyarakat yang penasaran untuk menjajal ponsel lipat namun dengan desain lebih stylish. Dilihat dari desainnya, Galaxy Fold dan Galaxy Z Flip sangat berbeda.

Galaxy Z Flip dilipat secara vertikal atau diistilahkan dengan clamshell (cangkang kerang). Dinamakan demikian karena mekanisme lipatannya mirip dengan cangkang kerang.

Mekanisme lipatan ini membuat ukuran ponsel menjadi lebih ringkas. Layar Galaxy Z Flip berukuran 6,7 inci saat dibentangkan, dan mengecil menjadi 4 inci ketika dilipat.

Ini berbeda dengan Galaxy Fold yang lebih mirip tablet lipat. Ukurannya lebih bongsor dibanding Z Flip, yakni 7,3 inci.

Baca juga: Beda Lipatan Galaxy Z Flip dan Fold, Apa Alasannya?

"Mereka ingin coba teknologi baru, tapi Fold masih kebesaran menurut mereka. Sementara ini (Z Flip) bentuknya lebih compact," jelas Taufiq.

Ponsel lipat ini menargetkan pengguna yang cukup melek teknologi namun tetap peduli akan desain yang stylish.

Di Amerika Serikat, Samsung bahkan menggandeng brand fashion kenamaan Thom Browne untuk menelurkan edisi khusus dengan corak warna abu-abu dengan strip biru, putih, dan merah.

Baca juga: Ketika Dian Sastro Bandingkan Samsung Galaxy Z Flip dan Fold

Namun, edisi tersebut hanya dijual di negara-negara tertentu. Sejatinya, ada tiga varian yang dirilis, yakni Mirror Purple, Mirror Black, dan Mirror Gold. Namun di Indonesia, hanya Mirror Purple dan Mirror Black saja yang tersedia.

Taufiq mengatakan, varian Mirror Purple menjadi yang paling diburu konsumen. Saat ini, varian yang tersisa hanyalah Mirror Black.

Dikarenakan stok awal sudah habis, Samsung pun menambah stok Galaxy Z Flip lagi untuk memenuhi permintaan pre-order hingga 23 Februari mendatang. Pemesan bisa mengambil Galaxy Z Flip mulai tanggal 27 Februari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com