Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Galaxy S20 Ultra Bidik Objek Berjarak Ratusan Meter, Ini Hasilnya

Kompas.com - 22/02/2020, 10:11 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain hardware mumpuni serta layar dan baterai besar, fitur unggulan dari Galaxy S20 Ultra adalah kamera belakangnya yang berjumlah hingga empat buah.

Salah satunya adalah kamera telephoto 48 megapiksel dengan tingkat zoom mencapai 100x. Artinya, tingkat pembesaran (zoom) yang dihasilkan bisa mencapai 100 kali dari kamera utama (wide).

Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra sebenarnya memiliki jangkauan “asli” alias optical zoom sebesar 4x dengan sudut pandang selebar 24 derajat dan aperture f/3.5.

Samsung menempatkan lensa telephoto ini secara menyamping dengan mekanisme periskop (folding). Sebuah prisma digunakan untuk membelokkan cahaya dari arah depan lensa menuju sensor gambar yang terletak di samping.

Dengan begini, rangkaian lensa telephoto yang panjang secara fisik bisa ditempatkan sepenuhnya di dalam bodi ponsel, alih-alih menonjol ke luar seperti pada kamera konvensional.

Selain S20 Ultra, lensa jenis periskop sebelumnya sudah lebih dulu diterapkan di Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x zoom.

Namun, dibanding semua ponsel yang ada di pasaran sekarang, Galaxy S20 Ultra menawarkan tingkat zoom tertinggi.

Baca juga: Mengukur Kinerja Samsung Galaxy S20 Ultra, Seberapa Kencang?

Hasil jepretan “Zoom 100x” Galaxy S20 Ultra

Samsung menerapkan teknologi “Hybrid Optical Zoom” berupa gabungan optical zoom asli dan pembesaran digital untuk memperpanjang jangkauan zoom Galaxy S20 Ultra hingga 10x.

Sampai tingkat zoom 10x itu, Samsung mengklaim tidak ada penurunan kualitas gambar (lossless) kendati sebagian pembesaran dilakukan secara digital. Resolusi awal dari kamera telephoto ini memang sudah tinggi, 48 megapiksel, dengan resolusi output 12 megapiksel.

Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru aktif di tingkat zoom 4x (foto kanan). Sebab itu, kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan tingkat zoom 1,1x hingga 3,9x (foto kiri) yang merupakan hasil pembesaran dari kamera wide 108 MP.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera telephoto Galaxy S20 Ultra baru aktif di tingkat zoom 4x (foto kanan). Sebab itu, kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan tingkat zoom 1,1x hingga 3,9x (foto kiri) yang merupakan hasil pembesaran dari kamera wide 108 MP.

Dari pengalaman KompasTekno saat menjajalnya, zoom dengan tingkat 4X memberikan hasil terbaik karena memang itulah tingkat pembesaran asli (optical) dari lensa telephoto Galaxy S20 Ultra.

Antara tingkat zoom 1x hingga 3,9x, foto berasal dari kamera utama (wide, 108 megapiksel) sehingga hasilnya tak sebagus zoom 4x.

Foto jepretan zoom 10x sekilas masih tampak bagus. Teknologi “Hybrid Optical Zoom” tampaknya bukan sekadar sebutan manis belaka.

Perbandingan bidang pandang kamera wide 1x Galaxy S20 Ultra (foto kiri), kamera telephoto 4x (foto tengah), dan zoom 10x hasil pembesaran dengan Hybrid Optical Zoom yang masih tampak cukup bagus dan diklaim lossless oleh Samsung.  KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbandingan bidang pandang kamera wide 1x Galaxy S20 Ultra (foto kiri), kamera telephoto 4x (foto tengah), dan zoom 10x hasil pembesaran dengan Hybrid Optical Zoom yang masih tampak cukup bagus dan diklaim lossless oleh Samsung.

Lain cerita dengan zoom 10x hingga 100x. Setelah tingkat pembesaran melewati angka 10x, Samsung menerapkan “Super Resolution Zoom” berupa pembesaran digital dan algoritma software untuk meningkatkan kualitas hasilnya.

Namun, degradasi kualitas akibat pembesaran digital yang tak lain merupakan variasi teknik cropping gambar ini tetap kentara. Di tingkat 30x, gambar sudah sangat buram.

Baca juga: Begini Cara Kerja Space Zoom 100x di Samsung Galaxy S20 Ultra

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com