Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasanya Main Game di Layar 120 Hz Samsung Galaxy S20 Ultra

Kompas.com - 23/02/2020, 09:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Samsung menyematkan layar dengan spesifikasi kekinian mirip ponsel gaming, di deretan ponsel Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra

Bisa dibilang begitu lantaran ketiga ponsel tersebut kompak mengusung layar berjenis Dynamic AMOLED 2X, yang memiliki refresh rate mencapai 120 Hz, berikut touch response rate hingga 240 Hz.

Sekadar informasi, layar dengan refresh rate 120 Hz sejatinya mampu menampilkan animasi antar menu yang lebih mulus dibanding layar standar dengan refresh rate 60 Hz. Walhasil, proses multi-tasking pun akan terasa lebih cepat.

Lantas, apakah tingkat kemulusan ini berlaku ketika ponsel digunakan untuk bermain game?

Baca juga: Apa Itu Angka Refresh Rate 120 Hz di Ponsel Gaming?

Untuk menjawabnya, KompasTekno sempat menguji ketangguhan varian tertinggi dari Galaxy S20, yakni Galaxy S20 Ultra, untuk dipakai bermain game dari bermacam genre.

Beberapa genre tersebut mencakup battle royale (PUBG Mobile, Call of Duty: Mobile), MOBA (Mobile Legends, Marvel Super War), action-RPG (Black Dessert, Honkai Impact 3), hingga racing (Need for Speed: No Limits, Asphalt 9).

Hasil uji coba

Secara keseluruhan, seluruh game yang kami coba bisa dijalankan dengan mulus dan lancar di Galaxy S20 Ultra. Tak aneh memang karena perangkat ini merupakan ponsel kelas flagship dengan hardware kelas atas.

Namun, apabila dihubungkan dengan layar 120 Hz, jujur kami tidak merasakan ada perbedaan yang begitu signifikan terkait dengan mulus atau tidaknya aneka game yang disebutkan tadi berjalan di ponsel tersebut. 

Mengapa? Sebab, setiap game sejatinya memiliki batas frame rate maksimal masing-masing. Bagi yang belum tahu, meski terdengar serupa, refresh rate sejatinya berbeda dengan frame rate

Honkai Impact 3 di Galaxy S20 Ultra menampilkan pengaturan FPS maksimal 60 fps.KOMPAS.com/Bill Clinten Honkai Impact 3 di Galaxy S20 Ultra menampilkan pengaturan FPS maksimal 60 fps.

Sederhananya, frame rate tinggi harus sepadan dengan layar dengan layar refresh rate tinggi pula, agar video atau game bisa dijalankan dengan maksimal.

Ilustrasinya begini, jika sebuah game mampu berjalan dengan frame rate 120 fps, maka layar perangkat harus memiliki refresh rate 120 Hz juga  agar gambar bisa dinikmati dengan maksimal.

Jika game dengan frame rate 120 Hz tersebut dijalankan di layar ber-refresh rate 60 Hz, maka gambar yang ditampilkan hanya mentok di frame rate 60 fps pula. 

PUBG Mobile, misalnya, hanya bisa dijalankan dengan frame rate 60 fps atau frame rate "Extreme", begitu juga Call of Duty: Mobile yang memiliki batas maksimal frame rate serupa yang disebut dengan "Max". 

Baca juga: Samsung Galaxy S20 Ultra Cetak Rekor Layar Ponsel Terbaik

Walhasil, ketika game semacam itu dijalankan di Galaxy S20 Ultra, game akan mentok di 60 fps, dan jika dibandingkan dengan layar smartphone 60 Hz, pengalaman bermain kurang lebih akan sama persis. 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com