Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Terbesar Facebook Harusnya Mei, Dibatalkan Februari karena Covid-19

Kompas.com - 28/02/2020, 14:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com -Wabah virus corona kembali membubarkan acara teknologi berskala besar.  Kali ini konferensi developer tahunan Facebook, F8, terpaksa batal digelar. Latar belakangnya tak lain kekhawatiran soal potensi penyebaran Covid-19.

Facebook awalnya berniat menyelenggarakan acara tahunan terbesarnya itu selama dua hari pada 5 Mei hingga 6 Mei 2020 di San Jose McEnery Convention Center, California, Amerika Serikat.

Tahun lalu, sekitar 5.000 orang pengembang software, kreator, dan entrepreneur dari berbagai belahan dunia. 

Baca juga: Gara-gara Virus Corona, Rilis iPhone 12 Bakal Tertunda?

Facebook Director of Developer Platforms dan Programs Konstantinos Papamiltiadis mengatakan pembatalan F8 tahun ini merupakan keputusan yang berat, tapi harus dilakukan.

"Kami harus lebih memprioritaskan keselamatan dan kesehatan dari para rekanan developer, karyawan, dan pihak-pihak lain yang mendukung penyelenggaraan F8," ujar Papamiltiadis dalam sebuah  pernyataan yang dihimpun KompasTekno dari Cnet, Jumat (28/2/2020).

Konferensi F8 biasanya menjadi ajang pameran aneka teknologi terbaru dari Facebook, termasuk dari bidang virtual reality, aplikasi, dan kecerdasan buatan, serta proyek-proyek eksperimental (moonshot).

Baca juga: China Bikin Aplikasi Virus Corona, Bisa Deteksi Siapa Saja yang Telah Berdekatan

Mengikuti pembatalan F8, Facebook mengumumkan akan memberikan pengganti berupa acara lokal serta video dan konten yang disiarkan lewat live streaming. Jadwalnya belum jelas, tapi diperkirakan bakal dilaksanakan dalam beberapa pekan ke depan.

Sebelumnya, pameran telekomunikasi Mobile World Congress (MWC 2020), yang tadinya akan digelar pada 24 Februari hingga 27 Februari di Barcelona, Spanyol, juga batal karena kekhawatiran virus corona.

Kekhawatiran mengenai wabah Covid-19 bahkan membuat International Olympic Committee (IOC) mempertimbangkan untuk membatalkan Olimpiade Tokyo 2020 yang rencananya digelar pada Juli hingga Agustus mendatang.

Baca juga: 2.000 iPhone Dibagikan ke Penumpang Kapal Diamond Princess akibat Corona

Dalam perkembangan terbaru hari ini, virus corona sudah terdeteksi di 50 negara dengan lebih dari 83.000 kasus infeksi, sebagian besar di China. Angka korban meninggal mencapai 2.858 orang, tapi jumlah yang sembuh lebih banyak lagi, yakni 36.436 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com