Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Speaker Pintar Google Home Resmi Mendukung Bahasa Indonesia

Kompas.com - 28/02/2020, 16:51 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah hadir di Google Assistant sejak akhir 2018 lalu, dukungan bahasa Indonesia kini resmi hadir di lini perangkat speaker pintar Google Home.

Hal ini diketahui dari kolom ketersediaan bahasa yang bisa digunakan oleh perangkat speaker pintar Google di halaman Google Support. Pilihan bahasa "Indonesian" tercantum di kolom "Supported languages", tepat di bawah bahasa "English (India)" dan "English (UK)".

Baca juga: Google Ajukan Permohonan agar Huawei Boleh Pakai Play Store Lagi

Dukungan bahasa Indonesia juga hadir di speaker pintar Google Nest Mini (generasi ke-2) yang baru saja meluncur di Indonesia lewat sebuah acara yang digelar di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Bahasa Indonesia tercantum dalam pilihan bahasa di Google Nest MiniKOMPAS.com/ BILL CLINTEN Bahasa Indonesia tercantum dalam pilihan bahasa di Google Nest Mini
"Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkan Nest Mini dengan bahasa lokal (Indonesia), baik dalam suara pria dan wanita," ujar Director Asia Pacific Business Google Hardware Mickey Kim dalam acara peluncuran Nest Mini.

Nest Mini merupakan smart speaker mungil yang bisa menerima perintah pengguna dan mengontrol seluruh perangkat pintar yang terhubung dengan aplikasi Google Home di rumah.

Nah, untuk menerima perintah suara pengguna dengan jelas, speaker ini dibekali dengan tiga mikrofon. Ada pula kemampuan reproduksi bass yang diklaim 2x lebih mumpuni dibanding Nest Mini generasi pertama.

Selain mengontrol perangkat, Nest Mini juga bisa memainkan lagu dari beragam platform streaming musik, seperti YouTube Music, Spotify, dan dalam beberapa waktu ke depan akan mendukung Joox.

Speaker pintar Google Nest Mini generasi ke-2KOMPAS.com/ BILL CLINTEN Speaker pintar Google Nest Mini generasi ke-2
Di Indonesia, Nest Mini tersedia dalam dua varian warna, yakni Chalk (putih) dan Charcoal (hitam).

Baca juga: Google Home vs Amazon Echo, Mana Lebih Canggih?

Harganya dipatok di angka Rp 925.000 dan sudah tersedia secara resmi di gerai Erafone dan Urban Republic di seluruh Indonesia, serta eraspace.com dan official store Google di Tokopedia, mulai hari ini.

Untuk memeriahkan momen peluncuran, Erajaya menawarkan harga spesial peluncuran Rp 799.000. Khusus pengguna dompet digital Ovo akan mendapatkan potongan harga tambahan hingga Rp 200.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com