Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Jual Speaker Pintar di Indonesia, Berikutnya Smartphone Pixel?

Kompas.com - 29/02/2020, 12:12 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Google, bersama Erajaya dan dan Tokopedia, resmi memboyong produk speaker pintar (smart speaker) Nest Mini generasi ke-2 ke Indonesia.

Nest Mini 2 merupakan segelintir produk Google yang resmi diboyong ke Indonesia, setelah Chromecast beberapa tahun lalu.

Google sendiri sebenarnya memiliki lini produk hardware yang banyak dan cukup diminati di Indonesia, salah satunya smartphone Pixel. Sayangnya, belum satu pun Pixel yang masuk resmi ke Indonesia.

Baca juga: Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL Resmi Meluncur dengan Kontrol Gestur

Konsumen Indonesia yang berminat terpaksa membeli perangkat Google tidak resmi alias black market. Lantas setelah kehadiran Nest Mini, akankah ponsel flagship Pixel dan produk Google lainnya bakal turut hadir di tanah air?

Menurut Director of APAC Business Google Hardware, Mickey Kim, pihaknya belum memastikan apakah produk Google lainnya bakal turut diboyong ke sini atau tidak.

Namun, Kim mengungkapkan bahwa pihaknya bakal mempertimbangkan untuk memboyong produk Google lainnya di Tanah Air.

"Itu susah untuk ditentukan, kami belum tahu," ujar Kim kepada KompasTekno di sela acara peluncuran Google Nest Mini di Mal Central Park, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

"Kami akhirnya kini telah bermitra Erajaya, jadi kami sedang melihat-lihat apakah ingin betul-betul membawa produk lainnya ke Indonesia. Tentu kami akan memikirkan untuk produk lainnya," imbuh Kim.

Baca juga: Google Boyong Speaker Pintar Nest Mini 2 ke Indonesia

Erajaya membuka pintu

Pihak Erajaya sendiri, diwakili oleh Hasan Aula selaku CEO Erajaya, mengatakan bahwa mereka sebenarnya sangat terbuka dengan Google terkait kerja sama untuk merilis produk baru di kemudian hari, terlepas dari Nest Mini 2 yang baru saja diluncurkan.

"Tentunya kami sangat terbuka untuk kerja sama berikutnya. Karena Google salah satu leading technology di mobile phone, tentunya Erajaya siap bekerja sama dengan Google," jelas Hasa

Menarik untuk menanti apa saja yang produk yang bakal dijual Google di indonesia.

Apalagi Erajaya sendiri boleh dibilang cukup berpengalaman lantaran memboyong beragam produk Apple teranyar, seperti trio iPhone 11, lewat iBox, Digimap, dan beberapa gerai Apple Premium Reseller (APR) lainnya.

Baca juga: Resmi Dijual Hari Ini, Ini Harga iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max di iBox

Google sendiri sudah memiliki toko ritel di Tokopedia bernama "Google Official Store". Jika nanti Google jadi memasukkan Pixel dan produk lainnya akan dipajang di toko ini.

Toko ini memang bukan dikelola langsung oleh Google. "Google Official Store" di Tokopedia ini dikelola oleh Erajaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com