Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kenapa Penjahat di Film Tak Memakai iPhone?

Sutradara Star Wars Ungkap Kenapa Penjahat di Film Tak Pakai iPhone

Kompas.com - 01/03/2020, 14:29 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produk Apple seperti iPhone kerap terlihat lewat product placement di sebuah film. Namun, Apple ternyata punya aturan tersendiri soal ini. Para pembuat film tak boleh menampilkan iPhone dipakai oleh tokoh antagonis.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rian Johnson, sutradara film Star Wars: the Last Jedi dan Knives Out, dalam sebuah wawancara dengan Vanity Fair.

Baca juga: Gara-gara Virus Corona, Rilis iPhone 12 Bakal Tertunda?

"Apple membolehkan Anda menampilkan iPhone di film, tapi -dan ini sangat penting kalau Anda pernah menyaksikan film misteri - para penjahatnya tak boleh terlihat memakai iPhone," ujar Johnson.

Dia kemudian bercanda dengan mengatakan telah merunyamkan film-film misteri di masa mendatang dengan menguak informasi itu. Sebab, penonton bisa menebak siapa penjahatnya dengan melihat tokoh mana yang tidak menggunakan iPhone.

Meski begitu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ArsTechnica, Minggu (1/3/2020), Johnson tidak menjelaskan apakah Apple memang menekan para pemuat film secara hukum supaya tak menempatkan iPhone di tangan tokoh antagonis.

Baca juga: Bukan iPhone 9 atau iPhone SE2, Inikah Nama Ponsel Murah Apple?

Kalau Apple membayar untuk product placement atau memberikan produk secara cuma-cuma misalnya, bisa saja perusahaan tersebut mengajukan syarat soal cara menampilkan produknya di film agar memberi kesan positif.

Terlepas dari itu, upaya "pencitraan" oleh Apple disinyalir sudah berlangsung cukup lama. Misalnya dalam serial TV 24 yang ditayangkan Fox di awal dekade 2000-an, semua tokoh protagonis menggunakan komputer Mac, sementara tokoh antagonis memakai PC Windows.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com