Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin Bersihkan Ponsel Bisa Cegah Penularan Virus Corona, Begini Caranya

Kompas.com - 02/03/2020, 17:26 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rajin membersihkan ponsel dan mencuci tangan disebut lebih manjur untuk menangkal penyebaran virus corona. Hal ini diutarakan oleh Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak.

Menurut Mak, tidak ada bukti bahwa virus corona terbang atau menular lewat udara, sehingga memakai masker adalah metode yang tidak efektif.

Di sisi lain, Mak mengatakan bahwa hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, mencuci benda dengan sabun atau alkohol, serta membersihkan benda yang paling sering disentuh, salah satunya adalah ponsel.

Baca juga: WHO Unggah Video TikTok Soal Virus Corona

"Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi mengenakan masker (untuk menghindari virus) bukan jadi hal yang paling penting," ujar Mak. 

Ponsel adalah benda yang paling sering kita gunakan, bahkan ponsel diklaim memiliki bakteri yang lebih banyak dibandingkan bakteri yang ada di toilet. Sehingga Anda perlu membersihkannya dengan benar.

Cara membersihkan ponsel dari virus

Berdasarkan hasil riset American Association for Laboratory Animal Science pada tahun 2018, cara membersihkan ponsel yang paling baik adalah dengan larutan alkohol yang efektif untuk membunuh kuman.

Baca juga: Kotoran di Ponsel Bisa Ungkap Kepribadian Pemilik

Pertama, Anda bisa mencampurkan alkohol dan air dengan perbandingan 40 persen banding 60 persen.

Kemudian, Anda dapat mengelap layar ponsel Anda dengan kain mikrofiber, kapas kering, atau kapas yang dibasahi. 

Untuk membersihkan bodi ponsel, Anda tidak dapat langsung menyemprotkan larutan alkohol secara langsung ke layar ponsel, karena dapat meninggalkan bekas.

Baca juga: Bill Gates Sebut Wabah Virus Corona Bisa Berdampak Sangat Dramatis

Sebagai penggantinya, Anda bisa menggunakan tisu anti-bakteri yang dapat digunakan untuk membersihkan bodi ponsel.

Beberapa barang yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan ponsel adalah pembersih jendela, pembersih dapur, penghapus rias, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka.

Ketika tidak ada bahan pembersih yang tersedia, menyeka ponsel dengan kain mikrofiber juga dapat mengurangi terjadinya kontaminasi bakteri pada ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com