Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pastikan Stok Galaxy Z Flip di Indonesia Tak Terpengaruh Corona

Kompas.com - 04/03/2020, 17:47 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak persebaran virus corona secara global sudah terasa di industri smartphone. Sejumlah vendor bahkan harus menutup sementara pabrik mereka. 

Samsung pun demikian. Perusahaan asal Korea Selatan ini sempat menutup salah satu pabriknya yang berlokasi di kawasan Gumi, gara-gara ada karyawan yang terinfeksi. 

Bukan pabrik biasa, pabrik tersebut memproduksi ponsel layar lipat Galaxy Fold dan Galaxy Z Flip. Meski sempat ditutup, pihak Samsung Indonesia memastikan pasokan Galaxy Z Flip ke Indonesia tidak terganggu. 

Hal tersebut diutarakan Head of IM Product Marketing Samsung Indonesia, Denny Galant. Selain Galaxy Z Flip, ia juga memastikan pasokan trio Galaxy S20 yang baru saja diresmikan masuk ke Indonesia terpenuhi dan aman. 

 

"Kebutuhan konsumen di Indonesia kami pastikan terpenuhi dengan aman, terutama untuk perangkat flagship Galaxy yang baru kami luncurkan," ujar Denny kepada KompasTekno di sela acara peluncuran Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip di kawasan SCBD Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Denny Galant, Head of IM Product Marketing Samsung IndonesiaKompas.com/BILL CLINTEN Denny Galant, Head of IM Product Marketing Samsung Indonesia

Kendati demikian, Denny tidak menjelaskan secara rinci apa langkah yang akan dilakukan Samsung untuk mengantisipasi dampak virus corona terhadap stok smartphone di kemudian hari. Apalagi, virus corona sudah mulai masuk ke Indonesia. 

"Harapan kami sih memakin membaik, kami tidak ingin berandai-andai dengan situasi yang nanti akan terjadi. Kami akan tetap akan berusaha yang terbaik untuk memenuhi produk," tuturnya.

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Z Flip Resmi Masuk Indonesia

Ditemui di kesempatan yang sama, Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan mengonfirmasi bahwa pabrik yang membuat Galaxy Z Flip di Gumi, Korea Selatan, memang sudah beroperasi kembali.

Walhasil, stok ponsel lipat tersebut di Indonesia juga disebut akan terpenuhi, sama seperti Galaxy S20.

"Kemarin di Gumi sempat ada informasi pabrik (Galaxy Z Flip) ditutup, sekarang pabrik tersebut sudah mulai memproduksi kembali, seharusnya lancar (stoknya)," tutur Taufiq.

Sebagai informasi, berbeda dengan ponsel lain, Samsung Galaxy Z Flip saat ini memang masih diproduksi di pabrik yang berlokasi di Korea Selatan.  

Samsung memboyong Galaxy Z Flip ke Indonesia lewat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) jalur software sebesar 46,18 persen.

Baca juga: Karyawan Terinfeksi Corona, Samsung Tutup Sementara Pabrik Galaxy Z Flip

Samsung sendiri hari ini secara resmi merilis trio Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip di Indonesia. 

Samsung Indonesia akan menggelar penjualan perdana semua ponsel tersebut pada 6-8 Maret di Mal Central Park, Mal Kelapa Gading 3, dan Mal Pakuwon (Surabaya). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com