Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Pamerkan Tampang Arloji Pintar Mirip Apple Watch

Kompas.com - 04/03/2020, 19:38 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal China, Oppo, memamerkan arloji pintar terbaru buatannya. Wujud perangkat wearable yang diberi nama Oppo Watch itu muncul dalam gambar diunggah di Weibo.   

Bukan penampakan nyata, gambar yang diunggah tersebut menampilkan tiga ilustrasi dari Oppo Watch. 

Sekilas, dari ilustrasi tersebut, Oppo Watch terlihat mirip dengan Apple Watch yang sama-sama memiliki desain bodi persegi. Pinggiran layarnya juga sangat melengkung di sisi kanan dan kiri.

Vice President and President of Global Marketing Oppo, Brian Shen, juga pernah mengunggah penampakan Oppo Watch di akun Twitternya. Ia mengatakan Oppo Watch akan dibekali layar lengkung dan 3D glass.

Dalam gambar-gambar itu juga tertera spesifikasi yang akan dibawa Oppo Watch. 

Oppo Watch akan memiliki bentang layar 1,91 inci dengan kerapatan piksel 326 ppi (pixel per inch). Arloji pintar ini diklaim akan sepenuhnya mengadopsi standar warna DCI-P3.

Baca juga: Melawan Serangan Jantung dengan Smartwatch

Dalam beberapa bocoran sebelumnya, diketahui arloji pintar ini akan memiliki dua tombol fisik yang tersemat di sisi kanan.

Smartwatch ini juga memiliki sejumlah menu, seperti menu tombol multifungsi, baterai, dan password.

Menu tombol multifungsi diduga akan berguna untuk memodifikasi dua tombol fisik yang ada pada Oppo Watch.

Rumor lain mengatakan Oppo Watch akan didukung sensor ECG (electrocardiogram) untuk mendeteksi sinyal listrik jantung.

Sensor ini dapat melakukan tes untuk mendeteksi apakah jantung mengalami kelainan atau irama tidak teratur. Oppo Watch akan dibekali dengan sistem operasi smartwatch buatan Google yakni Wear OS.

Masih melalui akun Weibo, Oppo mengumumkan smartwatch barunya akan meluncur pada 6 Maret 2020, bebarengan dengan peluncuran Oppo Find X2, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets 360, Rabu (4/3/2020).

Belum diketahui berapa harga yang akan dibanderol untuk arloji pintar ini.

Baca juga: Pasaran Smartwatch Naik, Apple Masih Meraja

KompasTekno pun sebelumnya telah mengonfirmasi Oppo Indonesia soal kemungkinan masuknya Oppo Watch ke Tanah Air. Namun, belum ada kepastian apakah smartwatch ini akan masuk Indonesia atau tidak.

Oppo dalam beberapa waktu terakhir semakin gencar memamerkan perangkat wearable buatannya.

Vendor asal China ini memang ingin dikenal tidak hanya sebagai produsen smartphone tapi juga dikenal di ranah Internet of Things, termasuk wearable device.

Beberapa waktu lalu, Oppo juga merilis true wireless stereo (TWS), Enco Free. (Baca juga: Earphone TWS Oppo Enco Free Segera Masuk Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com