Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret Luzern, Kota Kecil nan Elok di Swiss dengan Oppo Find X2

Kompas.com - 06/03/2020, 20:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

LUZERN, KOMPAS.com - Pergi berlibur atau travelling kurang afdol rasanya jika tidak mengabadikannya dalam sebuah foto atau video. Tentu selama perjalanan banyak momen-momen berharga dan menarik yang sayang jika tak direkam.

Apalagi jika destinasi liburannya semenarik Luzern, kota kecil di Swiss yang menawarkan pemandangan sejuk Gunung Pilatus dan Rigi, yang merupakan bagian dari Pegunungan Alpen.

Banyak titik-titik menarik yang bisa dijadikan latar belakang foto selfie maupun foto panorama, untuk memotret pemandangan yang membuat decak kagum, khususnya warga negara tropis.

Tidak harus menenteng kamera DSLR atau mirrorless untuk mengambil foto selama liburan, apalagi sekadar untuk dibagikan di media sosial. Menggunakan smartphone dengan spesifikasi kamera mumpuni bisa menjadi alternatif.

Baca juga: Oppo Pastikan Dua Ponsel Find X2 Masuk Indonesia

Seperti kesempatan yang didapatkan KompasTekno. Beberapa waktu lalu, kami berkesempatan mengabadikan kota Luzern menggunakan Oppo Find X2 series.

Oppo Find X2 dan Find X2 Pro sendiri baru dirilis hari ini, Jumat (6/3/2020), melalui siaran streaming dari Auditori Forum CCIB, Barcelona, Spanyol. Namun, KompasTekno berkesempatan lebih dulu menjajal duo flagship ini beberapa waktu lalu.

Memotret Panorama

Salah satu keunggulan smartphone flagship ini ada di sektor kamera. Terutama di versi "Pro".
Versi ini memiliki dual 48 megapiksel untuk kamera belakang.

Adapun keseluruhan kameranya terdiri dari dari 13 megapiksel periskop, 48 megapiksel wide angle, dan kamera utama 48 megapiksel.  Sementara Find X2 memiliki kamera 48 megapiksel, 12 megapiksel, dan 13 megapiksel.

Lensa ultrawide dengan mode HDR cukup ciamik menangkap panorama pegunungan Alpen dan birunya langit, seperti foto di bawah ini.

Foto menggunakan lensa wide angle di Oppo FInd X2 Pro.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Foto menggunakan lensa wide angle di Oppo FInd X2 Pro.

Dynamic range-nya menegaskan perbedaan warna langit biru tua dan biru muda di ujung, serta putih salju yang sedikit terlihat salah satu gunung.

Tangkapan warna yang didapat juga cukup baik di dalam ruangan. Seperti terlihat di gambar yang diambil di Bandara Marco Polo, Venesia ini.

Foto menggunakan lensa wide angle di Oppo Find X2 Pro di dalam ruangan.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Foto menggunakan lensa wide angle di Oppo Find X2 Pro di dalam ruangan.

Hasil kamera ultrawide di Find X2 juga tidak kalah. Meskipun tanpa mode HDR, detail dan jangkauan kontras yang dihasilkan cukup baik.

Foto menggunakan lensa wide angle di Oppo Find X2 tanpa mode HDR.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Foto menggunakan lensa wide angle di Oppo Find X2 tanpa mode HDR.

Foto malam hari dan selfie

Bagaimana untuk foto malam? Opo Find X2 dan Find X2 Pro dilengkapi mode malam. Dengan mode ini, kualitas gambar menjadi lebih baik. Tanpa mode malam pun hasil fotonya juga bisa dibilang memuaskan.

Baca juga: Oppo Find X2 dan Find X2 Pro Resmi Meluncur

Namun bedanya, memotret dengan mode malam bisa menyesuaikan exposure dalam foto, sehingga pendaran cahaya lampu tidak membuat gambar overexposure.

Tak melulu memotret pemandangan, untuk membuktikan pernah menginjakkan kaki di Kota Luzern rasanya lebih meyakinkan jika ditunjukan dengan foto selfie.

Oppo Find X2 dan Find X2 Pro memiliki kamera depan dengan resolusi identik, yakni 32 megapiksel. Hasilnya bisa dilihat di foto berikut.

Foto selfie menggunakan kamera 32 megapiksel Oppo Find X2 Pro.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Foto selfie menggunakan kamera 32 megapiksel Oppo Find X2 Pro.

Foto lain hasil jepretan kamera Oppo Find X2 series bisa disimak di galeri foto KompasTekno di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com