Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicoding Gelar Pelatihan Pemrograman Android Gratis

Kompas.com - 13/03/2020, 19:12 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dicoding, startup penyedia platform digital yang menjembatani pengembang aplikasi dengan kebutuhan pasar, menawarkan program beasiswa pemrograman "Indonesia sehat, tetap produktif".

Di tengah merebaknya temuan kasus positif Covid-19 Indonesia, Dicoding ingin memberi semangat agar para developer aplikasi Indonesia tetap produktif.

“Semoga inisiatif beasiswa pemrograman ini dapat menjadi salah satu solusi agar negara kita tetap positif di tengah situasi endemi saat ini,” tutur Narenda.,” ujar CEO Dicoding Narenda Wicaksono, dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Jumat (13/3/2020).

Pelatihan yang diberikan mulai dari pengembangan aplikasi dan game Android, belajar machine learning via Python, hingga membuat filter Instagram dengan teknologi AR.

Pada program beasiswa ini para pendaftar dipersilakan memilih satu dari lima pilihan beasiswa untuk kelas pemula, yaitu:

  1. Memulai pemrograman dengan Kotlin
  2. Memulai pemrograman dengan Python
  3. Belajar membuat aplikasi Kognitif
  4. Belajar membuat Augmented Reality
  5. Belajar membuat game untuk pemula

Masing-masing kelas berdurasi 30 hari. Tidak ada kuota ataupun persyaratan khusus dalam program beasiswa ini.

Karena seluruh proses pembelajaran hingga konsultasi dilakukan secara online di platform Dicoding maka dibutuhkan perangkat komputer/laptop dan koneksi internet untuk mengikuti program ini.

Setiap pelamar beasiswa akan mendapatkan kelas pilihan masing-masing selama terdaftar sebagai anggota di dicoding.com. Untuk menjadi anggota Dicoding pun tidak dipungut bayaran sama sekali.

"Harapan kami, meski mobilitas kian terbatas, seluruh peserta dari Sabang sampai Merauke bisa leluasa dapat belajar tanpa sekat ataupun batasan ruang," kata Narenda.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Anak Mulai Belajar Coding?

Pendaftaran beasiswa pemrograman "Indonesia Sehat, Tetap Produktif" ini berlangsung pada 10-19 Maret 2020.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi laman ini, https://www.dicoding.com/blog/beasiswasehat/ atau media sosial Dicoding (IG: @dicoding; FB:
@dicoding; Twitter: @dicoding; Youtube: Dicoding Indonesia).

Sebelumnya, Dicoding pernah menggelar program beasiswa untuk anak muda Indonesia dan mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi. Program tersebut meraih sambutan positif dari ribuan pelamar.

Baca juga: Mau Belajar Bikin Aplikasi Android, Ini Kelas Online dan Buku dari Dicoding


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com