Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Corona, Xiaomi Bagikan Tips Membersihkan Ponsel

Kompas.com - 16/03/2020, 14:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia semakin berkembang. Berbagai hal dilakukan untuk meminimalisasi persebaran, terutama menjaga kebersihan dan kesehatan.

Xiaomi pun mengirim pesan khusus kepada Mi Fans. Dalam pesan tersebut, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, meminta Mi Fans memastikan smartphone yang digunakan tetap bersih.

"Kalian dapat mengacu pada video PSA (iklan layanan masyarakat) kami untuk membersihkan smartphone Anda," ungkap Alvin.  

Video yang dimaksud Alvin bisa ditemukan di YouTube resmi Xiaomi Indonesia. Dalam video tersebut, pembersihan ponsel bisa dilakukan dengan menggunakan tisu basah antiseptik dengan mengusapnya ke layar dan punggung ponsel.

Setelah diusap dengan tisu basah, ponsel kemudian dikeringkan dengan kain microfiber. Jangan lupakan beberapa lubang di sisi bawah, seperti jack audio, lubang speaker, dan pengisi daya.

Baca juga: Kirim Puluhan Ribu Masker ke Italia, Xiaomi: Kita Ombak di Laut yang Sama

Untuk membersihkan bagian tersebut, pengguna dianjurkan menggunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam cairan alkohol 70 persen. Kemudian lap bagian tadi dengan kain.

Xiaomi mengingatkan agar Mi Fans rajin membersihkan ponselnya secara berkala. Ada baiknya, membersihkan ponsel dilakukan setiap hari mengingat kita selalu mengoperasikannya setiap saat.

"Saya mendorong Anda semua untuk menjaga kesehatan dan kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, makan yang bernutrisi, cukup beristirahat, dan pastikan smartphone Anda bersih," ungkap Alvin melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (16/3/2020).

Selain dengan membersihkannya, kebersihan ponsel juga bisa dijaga dengan menghindari penggunaanya di tempat umum.

Penggunaan ponsel di tempat umum seperti transportasi publik berisiko besar menularkan kuman dan virus penyebab penyakit.

Memainkan ponsel di dalam toilet juga tidak disarankan, karena toilet menjadi sarang kuman berbahaya yang bisa dengan mudah menempek ke permukaan ponsel. Selain itu, hindari menaruh ponsel di tempat yang tidak terjamin kebersihannya.

Baca juga: Google Hapus Video Hoaks Jamu Obat Corona di YouTube

Misalnya saja saat berolahraga di tempat fitness, jangan letakan ponsel para peralatan olahraga atau permukaan lain yang kebersihannya diragukan.

Sebaiknya, ponsel disimpan di ikat pinggang atau saku pakaian untuk meminimalisir bakteri dan virus yang berpindah ke ponsel.

Tidak hanya membersihkan ponsel, Xiaomi juga mengingatkan Mi Fans untuk "membersihkan" disinformasi tentang virus corona.

Melalui kampanye #MikirBaruKirim, Xiaomi mengingatkan penggunanya untuk mempercayai informasi dari pihak resmi terakit virus corona. Video cara membersihkan ponsel dari Xiaomi bisa dilihat di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com