Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2020, 09:33 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Kotaku

KOMPAS.com - Bulan lalu, platform distribusi game besutan Valve, Steam, baru saja mencatat rekor jumlah pengguna (users) yang online secara bersamaan (concurrent). Kala itu, pengguna yang online berbarengan menembus angka 18,8 juta. 

Selang satu bulan, Valve kembali memecahkan rekor tersebut. Kini jumlah pengguna yang main bersama di Steam menembus angka 20 juta pemain.

Melonjaknya jumlah pemain tersebut, menurut Valve, kemungkinan disebabkan oleh persebaran virus corona yang semakin meluas. 

Para pemain memilih untuk mengurung diri di rumah masing-masing dan bermain game favorit mereka melalui Steam.  

"Steam mencatatkan rekor jumlah pemain yang online sebanyak 20 juta pemain, dengan 6,2 juta di antaranya bermain game bersama-sama. Tampaknya banyak orang yang memilih berdiam diri di rumah karena adanya corona," tulis Steam melalui akun Twitternya. 

Capaian jumlah pemain ini terjadi pada Minggu, (15/3/2020). Meski demikian, pemain yang benar-benar bermain game secara bersamaan (in-game) berjumlah 6,2 juta. Angka ini meningkat sekitar 200.000 pemain dibanding bulan lalu.

Baca juga: Game-game Electronic Arts Bakal BIsa Dimainkan di Steam

Adapun game yang paling ramai dimainkan oleh pengguna Steam adalah Counter-Strike: Global Offensive dengan 1 juta pengguna yang online di game tersebut secara bersamaan. 

Beberapa game lainnya yang digandrungi seperti DOTA 2 dimainkan oleh 700.000 orang berbarengan, Rainbow Six Siege oleh 196.000 orang, Grand Theft Auto V  oleh 173.000 orang, hingga Path of Exile oleh 115.000.

Sayangnya, angka pengguna yang bermain game secara bersamaan di platform Steam, secara keseluruhan, belum bisa mengalahkan rekor in-game users pada Januari 2018 silam yang tercatat di angka 7.188.164 pemain.

Dirangkum KompasTekno dari Kotaku, Selasa (17/3/2020), tidak menutup kemungkinan angka ini akan terus bertambah, mengingat sejumlah negara pun mengimbau masyarakatnya agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah.  

Baca juga: Dua Game Horor Indonesia Siap Meluncur di Steam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kotaku


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com