Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turnamen PUBG Mobile Sedunia Ditunda karena Corona

Kompas.com - 18/03/2020, 07:09 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Setelah sejumlah acara besar berskala internasional batal digelar, kini giliran turnamen PUBG Mobile Pro League (PMPL) 2020 yang terpaksa harus menunda sejumlah pertandingan pentingnya.

Melihat persebaran corona yang kian meluas, Tencent, selaku pengembang, memutuskan untuk menunda babak Liga Pro Amerika dan Liga Dunia. Kemungkinan, turnamen ini akan ditunda hingga akhir tahun mendatang.

Meski demikian, Tencent mengonfirmasi pihaknya akan tetap menggelar pertandingan secara online untuk liga kategori Asia Tenggara. Artinya, pertandingan akan tetap dilakukan meski tidak disaksikan penonton secara langsung. 

"Kesehatan para pemain dan staff merupakan prioritas utama kami. Kami mengubah Liga PUBG Mobile Asia Tenggara 2020 menjadi acara online karena keadaan yang tidak terduga terkait virus corona," tutur James Yang, Direktur E-sports PUBG Mobile Global.

Tidak dijelaskan alasan mengapa Tencent hanya menerapkan pertandingan online pada kategori liga Asia Tenggara saja.

Baca juga: Virus Corona Bikin Steam Pecahkan Rekor Baru

Liga untuk wilayah Asia Tenggara, sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu dan akan berlanjut hingga 19 April mendatang. Pertandingan ini dapat disaksikan secara online melalui kanal YouTube resmi PUBG Mobile E-sports.

PUBG Mobile Pro League Asia Tenggara 2020 sendiri merupakan ajang turnamen profesional terbesar yang diadakan di sejumlah negara Asia Tenggara yakni Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Deretan negara tersebut mengadakan pertandingan liga hingga 19 April mendatang berbarengan dengan liga untuk wilayah Taipei China pada 12 Maret hingga 19 April.

PUBG Mobile Pro League (PMPL) 2020 sendiri merupakan rangkaian turnamen yang dilakukan sepanjang tahun. 

Baca juga: Virus Corona Bikin Server PUBG Mobile di China Down

PMPL 2020 merupakan sistem turnamen baru yang diperkenalkan saat gelaran PUBG Mobile Club Open (PMCO) Fall Split Global Finals 2019 Desember tahun lalu.

PMPL 2020 merupakan jalan untuk para tim PUBG Mobile profesional untuk bertanding di turnamen PUBG Mobile World League 2020.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (18/3/2020), ini bukanlah kejuaraan E-sports pertama yang dibatalkan gara-gara virus corona. Sebelumnya, Electronic Arts (EA) dan Blizzard juga membatalkan turnamen berskala global dengan alasan yang sama. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com