Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Gadget untuk Karaoke-an di Rumah Selama "Work from Home"

Kompas.com - 18/03/2020, 18:42 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagaimana diimbau langsung oleh pemerintah, masyarakat diminta untuk bekerja dari rumah dan melakukan pembatasan sosial selama beberapa hari ke depan. Hal ini dilakukan demi meminimalisir penularan virus Covid-19 di Indonesia.

Bekerja dari rumah mungkin terdengar menyenangkan bagi sebagian orang. Tapi bagi yang kurang betah berdiam diri di rumah, ini menjadi tantangan tersendiri.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan sebagai selingan pengusir rasa bosan setelah bekerja. Salah satunya adalah berkaraoke ria.

Tidak masalah jika tidak memiliki perangkat karaoke high-end dengan harga selangit. Dengan perangkat minimal, karaoke di rumah tetap bisa dilakukan. Apa saja perangkat yang dibutuhkan?

1. Smartphone, tablet, atau PC

Tidak perlu televisi dan DVD player seperti zaman dulu. Memutar musik untuk berkaraoke kini semakin mudah. Pengguna bisa menyulap smartphone, tablet, atau PC untuk dipasang aplikasi karaoke seperti Smule, WeSing, atau Star Maker.

Baca juga: 7 Aplikasi untuk Rapat dari Rumah lewat Smartphone

Bisa juga menggunakan aplikasi YouTube lalu mencari lagu khusus karaoke. Caranya cukup menambahkan kata kunci "karaoke" di belakang judul lagu. Biasanya, lagu tersebut sudah memuat lirik sehingga lebih mudah menyanyikannya.

2. Microphone karaoke

Mic bluetooth karaoke WSTER WS-858Tokopedia Mic bluetooth karaoke WSTER WS-858

Saat ini, banyak orang menggunakan mikrofon bluetooth untuk menyalurkan hobi menyanyinya di rumah. Mikrofon ini banyak dijual dan mudah ditemukan di lapak e-commerce dengan harga cukup terjangkau.

Dari penelusuran KompasTekno di beberapa e-commerce, harga mikrofon bluetooth ini dibanderol mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000. Perangkat ini cukup menarik karena sudah all-in.

Artinya, ia tidak hanya berfungsi sebagai mikrofon, tapi juga bisa sebagai speaker. Dengan demikian, suara musik dan suara yang ditangkap oleh mikrofon saat menyanyi bisa keluar secara bersamaan.

Baca juga: Marak di Wabah Corona, Begini Cara Kerja Termometer Tembak untuk Cek Suhu Tubuh

Dalam perangkat ini juga sudah terdapat pengaturan audio, seperti volume dan peredam bising. Ada pula mikrofon yang menyediakan fitur perekam untuk merekam suara saat menyanyi.

Cara menggunakannya, cukup menyambungkan perangkat ke smartphone, tablet, atau laptop dengan koneksi bluetooth.

Jika sudah tersambung, lanjutkan buka aplikasi karaoke yang diinginkan dari smartphone. Karaoke pribadi murah meriah di rumah pun siap dilakukan.

Ada pula beberapa mikrofon yang memiliki slot microSD. Sehingga, pengguna bisa memainkan lagu dari kartu eksternal tersebut tanpa harus menyambungkannya dengan smartphone.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com