Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Translate Kini Bisa Terjemahkan Percakapan Langsung

Kompas.com - 19/03/2020, 10:34 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Awal Januari lalu, Google memperkenalkan fitur baru Google Assistant, yang mampu menerjemahkan kalimat yang diucapkan ke bahasa lain secara langsung saat itu juga.

Kini, Google mengumumkan bahwa fitur Google Translate Trancribe itu meluncur pada minggu ini, dan tersedia dalam delapan bahasa termasuk bahasa Inggris, Perancis, Jerman, India, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thailand.

Sebelumnya Google Translate sudah bisa mengubah percakapan langsung menjadi teks. Namun teks tersebut belum diterjemahkan ke bahasa lain, apalagi menerjemahkan kalimat dalam diskusi panjang.

Baca juga: Google Lens Kini Bisa Terjemahkan Bahasa Secara Offline

Menyadari hal tersebut, Google segera menghadirkan fitur Transcribe lewat update yang akan hadir pada Google Translate.

"Kami menyadari dan menganggap celah tersebut sebagai bagian penting dalam proses berkomunikasi pada manusia. Maka dari itu kami menciptakan fitur ini," tutur juru bicara Google.

Fitur Transcribe di Google Translate.Google Fitur Transcribe di Google Translate.
Namun pembaruan ini baru akan diberikan untuk platform Android saja, menyusul kemudian untuk platform iOS

Ketika resmi diluncurkan, akan ada opsi baru bernama "Transcribe". Untuk mulai menerjemahkan kalimat, pengguna bisa menekan tombol "Trancribe" yang tersedia pada menu aplikasi.

Baca juga: Fitur Penerjemah Real Time Hadir di Google Assistant, Dukung Bahasa Indonesia

Pilihan bahasa yang tersedia juga bisa diganti melalui menu dropdown pada aplikasi.

Dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Kamis (19/3/2020), cara kerja pada fitur baru ini serupa dengan Live Transcribe, di mana proses transkrip (dari suara ke teks) tidak terjadi pada ponsel, karena diproses di Google Cloud dan Tensor Processing Unit (TPU).

Dengan kata lain, Google Translate Transcribe dapat bekerja berkat kombinasi antara fitur terjemahan secara langsung dengan perangkat TPU.

Fitur Live Transcribe sendiri merupakan salah satu fitur Google yang diciptakan untuk membantu pengguna dengan gangguan pendengaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com