Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operator Seluler Catat Kenaikan Trafik Internet di Daerah Pemukiman

Kompas.com - 19/03/2020, 18:26 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler belakangan ini melaporkan adanya kenaikan trafik layanan data internet. Hal itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate dalam konferensi pers yang dilakukan secara online, pada Kamis (19/3/2020).

"Berdasarkan laporan operator seluler saat ini, terdapat lonjakan trafik (layanan data internet) di area pemukiman rata-rata 5-10 persen dari kondisi normal," papar Johnny.

Baca juga: Microsoft Bing Luncurkan Situs Pelacak Virus Corona Real Time

Johnny tidak menjelaskan apa persisnya yang mengakibatkan kenaikan trafik internet tersebut. Namun, kemungkinan sebabnya berkaitan dengan imbauan pemerintah soal social distancing serta kerja dan belajar dari rumah untuk meredam penyebaran Covid-19.

Misalnya, menurut informasi terbaru dari Telkomsel, perusahaan pelat merah itu mengklaim adanya kenaikan trafik layanan data dan digital sejak diberlakukannya social distancing.

Kenaikan ini utamanya disumbang oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236 persen.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah selama kurang lebih dua pekan, terhitung mulai tanggal 16 Maret 2020.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan apabila nantinya lonjakan trafik terus terjadi, operator seluler akan menambah kapasitas base tranceiver station (BTS).

Baca juga: Trafik Data Telkomsel Terdongkrak oleh Kegiatan Belajar dari Rumah

"Jika diperlukan, operator seluler akan mengerahkan mobile BTS di daerah-daerah overloaded," imbuh Johnny.

Lebih lanjut, tim dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo mengatakan akan terus melakukan pengukuran kualitas layanan atau quality of service. Jika ditemukan ada kendala, perusahaan telekomunikasi akan melakukan optimasi.

Situs resmi pemerintah untuk Covid-19, gratis

Kementerian Kominfo juga berharap agar operator seluler tetap berkomitmen untuk menyediakan akses internet dengan kapasitas dan kualitas pelayanan yang baik selama social distancing berlangsung.

Dalam konferensi pers tersebut, Komifo juga meluncurkan situs resmi pemerintah yang bisa diakses publik terkait pandemi Covid-19 di alamat https://www/covid19.go.id.

Situs ini baru akan aktif pada 23 Maret mendatang. Akses ke situs tersebut tidak dipungut biaya kuota alias gratis.

Baca juga: Bebas Kuota Internet, Akses ke Situs Resmi Penanganan Corona di Indonesia

Johnny juga mengatakan bahwa operator seluler akan menggratiskan biaya panggilan call centre resmi pemerintah untuk COVID-19 di nomor 117 dan 119.

Ia turut mengimbau operator seluler agar menyediakan produk dan program yang mendukung program pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Kasus infeksi virus corona di Indonesia kian bertambah. Hingga hari ini, tercatat sudah ada 309 kasus positif Covid-19 di seluruh Indonesia, dengan jumlah pasien meninggal 25 orang, dan 15 orang dinyatakan sembuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com