Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret dengan "48MP AI Quad Camera" Vivo V19

Kompas.com - 20/03/2020, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone Vivo V19 dibekali dengan empat kamera utama yang disebut 48 MP AI Quad Camera dan dikatakan mumpuni untuk urusan fotografi.

"48 MP AI Quad Camera" terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.8), kamera Super Wide-Angle 8 MP (f/2.2), kamera Super Macro 2 MP (f/2.4), dan kamera Depth 2 MP (f/2.4).

Keempat kamera tersebut dibungkus dalam sebuah wadah dan diletakkan pada posisi menyerupai huruf L.

Kamera milik Vivo V19 dibekali sejumlah fitur, seperti Super Night Mode untuk mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya, dan Pose Master yang bisa digunakan untuk panduan bergaya sesuai dengan kondisi lingkungan.

Lantas, bagaimana hasil jepretan keempat kamera tersebut? KompasTekno berkesempatan untuk mencoba kebolehan kamera Vivo V19.

Baca juga: Menjajal Vivo V19 Selama Lima Hari, Layak Pakai?

Kamera utama dengan resolusi 48 MP ini bisa dibilang mampu menjepret beragam obyek dengan aneka kondisi pencahayaan, baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor).  

Hasil kamera 48 MP Vivo V19. Dua foto di bagian atas merupakan hasil foto yang diambil dengan kamera 48 MP di siang hari dengan kondisi backlight (kiri) dan kondisi normal siang hari (kanan). 
Sementara dua foto di bagian bawah adalah foto di malam hari, di mana foto di sebelah kiri dijepret dengan mode normal, sementara foto di sebelah kanan dijepret dengan mode Night.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil kamera 48 MP Vivo V19. Dua foto di bagian atas merupakan hasil foto yang diambil dengan kamera 48 MP di siang hari dengan kondisi backlight (kiri) dan kondisi normal siang hari (kanan). Sementara dua foto di bagian bawah adalah foto di malam hari, di mana foto di sebelah kiri dijepret dengan mode normal, sementara foto di sebelah kanan dijepret dengan mode Night.

Kemudian, kamera Super Wide-Angle 8 MP juga mampu menjalankan tugasnya untuk menjepret obyek dengan bidang pandang yang lebih luas (120 derajat) dibanding kamera utama.

"Vivo V19 siap diandalkan menjadi mobile smartphone photography yang mumpuni melalui 48MP AI Quad Camera," ujar Product Manager Vivo Indonesia, Ricky Bunardi, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (20/3/2020).

Kamera Super Macro dan Depth atau bokeh pada Vivo V19 juga terbilang cukup bisa diandalkan untuk dipakai menjepret obyek dalam jarak dekat (hingga jarak 4 cm), serta untuk menerapkan efek bokeh di sekeliling obyek.

Hasil foto ketiga kamera tersebut bisa diselisik di gambar berikut.

Hasil foto empat kamera Vivo V19. Foto di sebelah kanan atas merupakan hasil kamera 48 MP di dalam ruangan (indoor), sementara foto di sebelah kanannya mengandalkan kamera Super Wide-Angle 8 MP yang mampu memberikan bidang pandang yang luas (hingga 120 derajat) dibanding kamera utama. 
Kemudian, dua foto di bagian bawah, mulai dari sebelah kiri, adalah hasil jepretan kamera makro. Adapun foto di sebelah kanannya merupakan hasil foto kamera depth sensor 2 MP yang mampu memberikan efek bokeh pada sekeliling objek. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto empat kamera Vivo V19. Foto di sebelah kanan atas merupakan hasil kamera 48 MP di dalam ruangan (indoor), sementara foto di sebelah kanannya mengandalkan kamera Super Wide-Angle 8 MP yang mampu memberikan bidang pandang yang luas (hingga 120 derajat) dibanding kamera utama. Kemudian, dua foto di bagian bawah, mulai dari sebelah kiri, adalah hasil jepretan kamera makro. Adapun foto di sebelah kanannya merupakan hasil foto kamera depth sensor 2 MP yang mampu memberikan efek bokeh pada sekeliling objek.

Lantas, bagaimana untuk merekam video? 

Sebagai informasi, deretan kamera belakang Vivo V19 juga dibekali dengan fitur Electronic Image Stabilizer atau EIS yang berguna untuk meredam guncangan saat mengambil video dalam kondisi bergerak.

Ketika dicoba untuk merekam video sambil berlari, video yang dihasilkan terkesan belum begitu optimal karena masih sedikit berguncang. Namun, video tersebut masih nyaman untuk ditonton.

Baca juga: Menjajal Kamera Super Night Selfie di Vivo V19, Sebagus Apa?

Adapun resolusi video yang didukung ponsel ini mencapai 4K dengan frame rate 30 fps, sedangkan untuk resolusi 1080p dan 720p bisa dipakai untuk merekam video 60 fps.

"Mengambil foto landscape, foto obyek dengan jarak dekat secara detail, foto berlatar blur atau bokeh, serta dalam keadaan minim cahaya sekalipun. Tidak hanya itu, V19 juga dilengkapi dengan fitur Ultra Stable Video agar perekaman lebih stabil,” pungkas Ricky.

Baca juga: Pre-Order Vivo V19 Dibuka hingga 25 Maret

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com