Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik Netflix di Jaringan XL Naik 46 Persen, Ruangguru 48 Persen

Kompas.com - 23/03/2020, 16:31 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepekan sejak diterapkannya imbauan bekerja dan belajar dari rumah, untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid-19, trafik sejumlah layanan di jaringan XL Axiata mengalami kenaikan.

Berdasarkan data dari pusat pemantauan jaringan XL Axiata, layanan data yang paling tinggi kenaikannya berturut-turut menurut jenisnya yakni Ruangguru 48 persen, Netflix 46 persen, Facebook 11 persen, Whatsapp 10 persen dan Mobile Legend 8 persen.

Aplikasi produktivitas dan pendidikan seperti Google Classroom dan Ruangguru mendominasi di pagi hari, sementara layanan hiburan seperti Netflix dan game Mobile Legends meningkat di sore hingga petang hari.

Khusus aplikasi yang mendukung kegiatan belajar dari rumah, Google Classroom naik sebesar 2.354 persen, Brainly 84 persen, Zenius 54 persen, dan Udemy 44 persen. 

Baca juga: Telkom Ungkap Alasan Netflix Masih Diblokir

Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, secara total, kenaikan trafik layanan XL Axiata mencapai 10 hingga 15 persen di saat jam-jam sibuk, antara pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

"Mungkin pada saat-saat itu, orang biasanya melakukan aktivitas di kantor. Berdasarkan hari, dari Senin hingga Jumat paling tinggi terjadi di hari Jumat," kata Gede dalam konferensi pers secara live streaming di Youtube, Senin (23/3/2020)..

Penggunaan media sosial juga mengalami peningkatan. Kenaikan trafik terjadi pada penggunaan Facebook sebesar 11 persen, Instagram 2 persen, Youtube 3 persen, dan Twitter 3 persen.

Akses ke web browsing juga ikut meningkat, yaitu sebesar 2 persen persen termasuk ke website-website yang menyediakan informasi seputar Covid-19.

Aplikasi berbagai media massa online yang menyediakan berita-berita update tentang wabah Covid-19 ini juga meningkat signifikan, yaitu rata-rata sebesar 8 persen.

Gede mengakui bahwa ini adalah kenaikan trafik data tertinggi selain momen Lebaran dan Natal/Tahun Baru bagi XL Axiata.

Baca juga: Telkomsel, XL, dan Indosat Bagikan Kuota Gratis untuk Belajar Online

“Di luar Lebaran dan Natal atau Tahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data yang tertinggi. Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15 persen dibanding hari biasa. Pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah," ujarnya.

XL Axiata sendiri telah memberikan kuota data 2 GB gratis setiap hari untuk mengakses sejumlah layanan produktivitas dan pendidikan, seperti Ruangguru dan Office Suite dari Microsoft.

Gede menambahkan, hingga sepekan terakhir, pihaknya belum menambah kapasitas jaringan yang ada karena memang sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik hingga 2 kali dari trafik hari normal.

Meski demikian, opsi untuk meningkatkan kapasitas sangat memungkinkan terjadi kapan saja dengan menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com