Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Internet di 3 RS Darurat Corona di Jakarta Diperkuat

Kompas.com - 24/03/2020, 17:43 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Operator seluler Telkomsel memperkuat sinyal internet di tiga lokasi yang menjadi Rumah Sakit Darurat khusus untuk penanganan pasien pandemi Covid-19.

Adapun ketiga lokasi tersebut adalah Hotel Patra Comfort Jakarta, Rumas Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz, yang menjangkau tiga lokasi tersebut dioptimalkan melalui menara BTS terdekat.

Telkomsel juga melakukan penambahan kapasitas jaringan broadband 3G dan 4G dari sejumlah BTS Easy Makro sekitar, yang selama ini menjangkau ketiga lokasi tersebut.

Baca juga: Telkomsel dan Smartfren Ubah Sinyal demi Tangkal Virus Corona

Selain itu, khusus di lokasi Wisma Atlet Kemayoran, telah dilakukan penambahan infrastruktur jaringan dengan pengoperasian 1 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) berteknologi 4G dengan pemanfaatan spektrum 1800 dan 2300 MHz.

Diharapkan upaya peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur jaringan ini dapat menjangkau kebutuhan aktivitas komunikasi di tower 1, 3, 4, 5, 6, dan 7 Wisma Atlet Kemayoran secara keseluruhan.

"Seluruh aktivitas pengamanan jaringan di tiga lokasi tersebut kini telah selesai dilakukan dan siap dimanfaatkan oleh seluruh pihak," ujar Dirut Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Cara Mengakses Ruangguru secara Gratis dengan Kuota 30 GB Telkomsel

RS Darurat Corona di Wisma Atlet sendiri telah diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (23/3/2020).

Terdapat empat tower di Wisma Atlet yang langsung bisa digunakan untuk menangani pasien Covid-19. Keempat tower yang disiapkan adalah Tower 1, Tower 3, Tower 6, dan Tower 7.

Rumah Sakit Darurat Corona di Wisma Atlet ini setidaknya bisa menampung sekitar 2.000 tempat tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com