Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prototipe Ponsel Android Pertama Muncul di Situs Lelang EBay

Kompas.com - 26/03/2020, 10:12 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, beberapa ponsel yang diduga merupakan prototipe perangkat Android pertama muncul dan dijual di situs lelang eBay.

Perangkat ponsel bernama "Sooner" tersebut diyakini merupakan purwarupa smartphone HTC G1/ Dream yang menjadi platform perdana sistem operasi Android pada 2008.

Baca juga: Nokia C2 Resmi, Ponsel Murah dengan OS Android Go

Bentuknya mirip ponsel BlackBerry, dengan papan ketik QWERTY dan tombol-tombol navigasi yang berada di bawah layar. Sooner kabarnya dibuat oleh Google dan tak pernah dirilis.

Penjualnya memasang banderol 200 dollar AS atau setara dengan Rp 3,2 juta untuk setiap unit ponsel Sooner. Dia mengatakan tak menjamin perangkat unik tersebut bisa berfungsi karena merupakan stok lama yang sudah berumur lebih dari 10 tahun.

Penampakan ponsel Google Sooner di situs eBayandroidpolice.com Penampakan ponsel Google Sooner di situs eBay
Foto-foto yang diunggah memperlihatkan rangkaian aksesorinya masih lengkap terbungkus plastik, terdiri dari charger dan kabel USB, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Kamis (26/3/2020).

Spesifikasinya jelas jauh tertinggal dibandingkan ponsel Android masa kini. Sooner ditenagai oleh prosesor OMAP buatan Texas Instruments yaitu TI OMAP 850 SoC, dipadukan dengan RAM 64MB.

Baca juga: Chromecast Ultra Generasi Terbaru Berbasis Android TV dan Punya Remote

Dari segi layar, Sooner memiliki resolusi 320x240 piksel. Dengan kapasitas baterai 960 mAh, ponsel ini hanya dibekali satu kamera belakang dengan resolusi sensor 1,3MP. Sooner juga masih mengandalkan jaringan 2G dan tidak mendukung WiFi. 

Semua unit Sooner yang sempat dijual di eBay itu sekarang sudah ludes dibeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com