Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme Pastikan Kenaikan Harga Ponsel di Indonesia

Kompas.com - 26/03/2020, 15:11 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Realme, mengonfirmasi bahwa perusahaan telah menaikkan beberapa ponsel Realme yang telah dipasarkan di Tanah Air.  Kenaikan harga ini diungkapkan oleh Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca.

Menurut Krisva, kenaikan harga ini disebabkan oleh kondisi ekonomi global yang belakangan ini memang kurang stabil, kemungkinan imbas wabah virus corona yang terus "menginfeksi" sejumlah sektor industri.

"Karena dampak dari kondisi global yang tidak stabil baru-baru ini, biaya bahan baku, rantai pasokan, logistik dan biaya lainnya telah mengalami kenaikan, sementara nilai tukar USD-IDR juga mencapai rekor terendahnya," ujar Krisva, saat dihubungi KompasTekno, Selasa (24/3/2020).

"Untuk itu, Realme menaikkan harga beberapa produk kami. Namun, harga baru yang kami tetapkan masih jauh lebih rendah dari harga peluncuran resmi produk-produk tersebut," imbuhnya.

Kendati demikian, wanita yang akrab disapa Vava ini tidak menjelaskan produk Realme apa saja yang harganya ditingkatkan. Ia hanya mengatakan bahwa "hampir seluruh" produk Realme memang akan mengalami kenaikan harga.

Baca juga: Harga Realme 6 di Indonesia Lebih Mahal Rp 400.000, Ini Alasannya

Pantauan KompasTekno di toko resmi Realme di Tokopedia dan Shopee, sejumlah ponsel Realme memang mengalami peningkatan harga.

Harga terkini smartphone Realme C3 di Tokopedia (kiri) dan Realme 5i di Shopee (kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Harga terkini smartphone Realme C3 di Tokopedia (kiri) dan Realme 5i di Shopee (kanan).

Realme C3 (3 GB/32 GB), misalnya, kini dibanderol dengan harga Rp 1,9 juta untuk varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Harga tersebut lebih mahal Rp 200.000 dari harga peluncuran pada Februari lalu dengan banderol Rp 1,7 juta.

Ada juga Realme 5i (4 GB/64 GB) yang kini dijual dengan harga Rp 2,2 juta, lebih mahal Rp 200.000 pula dibanding harga resmi yang pada Januari lalu yang dipatok di angka Rp 2 juta.

Baca juga: Realme 6 dan Realme 6 Pro Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Meski ada kenaikan harga, peminat ponsel Realme agaknya tak perlu khawatir jika akan membeli produk dari perusahaan sub-brand Oppo ini di kemudian hari.

Sebab, Krisva turut mengatakan bahwa pihaknya bakal mengikuti perkembangan situasi terkini terkait kondisi global yang menyebabkan harga di sejumlah segmen produk tadi meningkat.

"Kalau (ditanya) sampai kapan, itu tergantung perkembangan kondisi sekitar. Kami pasti akan cepat menyesuaikan diri (harga)," pungkasnya.

 Baca juga: Pasar Smartphone Indonesia, Pasokan Turun 10 Persen dan Harga Bakal Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com