Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Peduli-Lindungi untuk Melacak Covid-19 Sudah Bisa Diunduh

Kompas.com - 29/03/2020, 18:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak lama setelah diumumkan, aplikasi PeduliLindungi untuk melacak penyebaran Covid-19 kini sudah bisa diunduh melalui situs yang beralamat di pedulilindungi.id.

PeduliLindungi adalah aplikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dihadirkan sebagai salah satu upaya untuk meredam wabah virus corona di Indonesia.

Cara kerjanya mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Menurut keterangan yang tertera di situsnya, aplikasi PeduliLindungi akan mengumpulkan data yang diperlukan dari ponsel pengguna sambil mengaktifkan koneksi Bluetooth.

Baca juga: Kominfo Ganti Nama Aplikasi Pelacak Pasien Covid-19 di Indonesia

Ketika ada gadget lain dalam jangkauan Bluetooth yang juga terdaftar dalam PeduliLindungi, akan terjadi pertukaran informasi yang direkam oleh masing-masing perangkat.

Selanjutnya, PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan).

"Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak," bunyi keterangan di situs PeduliLindungi.

Hanya akan dihubungi kalau berisiko tertular

Aplikasi PeduliLindungiKOMPAS.com/KEVIN RIZKY PRATAMA Aplikasi PeduliLindungi
Setelah sebelumnya masih berbentuk file instalasi APK, PeduliLindungi sekarang sudah tersedia di toko aplikasi Android Google Play Store lewat early access di tautan berikut. KompasTekno pun coba menjajalnya pada Minggu (29/3/2020).

Saat pertama kali dipasang, PeduliLindungi akan meminta nama lengkap dan nomor ponsel pengguna. Kemudian, aplikasi ini juga membutuhkan akses ke layanan lokasi (GPS) dan Bluetooth perangkat.

Pembuat PeduliLindungi menjamin kerahasiaan dara pribadi yang disebut tersimpan dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan ke orang lain.

"Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan," lanjut keterangan di situsnya.

Masih belum ada informasi kapan aplikasi PeduliLindungi akan tersedia untuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad.

Beberapa hari lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate sempat mengatakan bahwa aplikasi PeduliLindungi akan hadir di Android dan iOS dalam waktu dekat.

Baca juga: Aplikasi Pelacak Covid-19 Dirilis untuk Publik Pekan Depan

"Mudah-mudahan Selasa atau Rabu sudah di Google Play Store dan berikutnya di Apps Store," kata Menteri Kominfo, Johnny G Plate, melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Jumat (27/3/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com