Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Celia, Asisten Virtual dari Huawei Pesaing Google Assistant

Kompas.com - 30/03/2020, 17:36 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah vendor smartphone Android memiliki asisten virtual untuk memudahkan pengguna mengoperasikan ponsel dengan perintah suara. Sebut saja Samsung dengan Bixby, Oppo dengan Breeno, atau Jovi milik Vivo.

Tak mau kalah, Huawei juga kini memiliki asisten virtual bernama Celia. Celia akan terpasang di smartphone Huawei melalui pembaruan perangkat lunak secara over-the-air (OTA).

Namun khusus untuk Huawei P40, Celia sudah terpasang secara bawaan atau pre-loaded. Cara mengaktifkan Celia pun sama dengan asisten virtual lainnya. 

Pengguna cukup mengucapkan "Hey, Celia" diikuti dengan perintah yang dikehendaki. Selain dengan suara, Celia juga bisa diaktifkan dengan menekan tombol daya selama beberapa detik.  

Celia juga bisa digunakan untuk melakukan pencarian di Huawei Browser dan Microsoft Bing. Ada pula opsi untuk menggunakannya di Google Search.

Baca juga: Google Assistant Kini Bisa Bacakan Isi Website dalam Bahasa Indonesia

Asisten virtual ini juga dapat digunakan untuk mulai melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, membuat pengingat, memutar musik, hingga menerjemahkan teks.

Celia juga dilengkapi fitur mirip Google Lens, yang bisa memindai suatu benda menggunakan kamera perangkat, dan memberikan informasi terkait benda tersebut.

Misalnya, saat pengguna memindai sebuah apel. Celia ia akan memberikan informasi berapa banyak kandungan kalorinya.

Celia sejatinya bukanlah asisten virtual pertama yang dibuat Huawei. Huawei sebelumnya sudah memiliki asisten virtual Xiaoyi.

Namun, Xiaoyi terbatas hanya pada perangkat buatan Huawei yang dijual di China. Xiaoyi terpasang di speaker pintar Huawei, AI Cube dan juga smartphone Huawei yang dijual di China.

Baca juga: Ini Dia, Asisten Virtual Berbasis Suara Favorit Pengguna Kantoran

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (30/3/2020) saat ini, Celia memahami tiga bahasa yakni Bahasa Inggris, Perancis, dan Spanyol. Celia juga akan segera meluncur di Inggris, Perancis, Spanyol, Chili, Meksiko, dan Kolombia.

Huawei mengatakan akan membekali Celia dengan lebih banyak kemampuan. Celia juga akan tersedia di perangkat Huawei lainnya, seperti TV, speaker, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com