Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India "Lockdown", Video WhatsApp Status Dibatasi 15 Detik

Kompas.com - 02/04/2020, 11:16 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp membatasi durasi video WhatsApp Status di India menjadi 15 detik. Normalnya, video WhatsApp Status berdurasi maksimal 30 detik.

Apabila video berdurasi lebih dari 15 detik, akan terpotong otomatis diikuti keterangan berbunyi "Video yang terkirim di Status Saya akan dipotong pada 15 detik pertama". Perubahan ini berlaku di platform Android dan iOS.

Kebijakan ini hanya berlaku di India, dengan tujuan mengurangi beban trafik pada server. Sebab, sejak pemerintah India menerapkan lockdown atau pembatasan wilayah per 23 Maret lalu, banyak pengguna WhatsApp India mengunggah video di WhatsApp Status.

Baca juga: Satu Akun WhatsApp Akan Bisa Dipakai di Banyak Perangkat

Agar server tetap berjalan dengan lancar, WhatsApp pun mengurangi durasi video menjadi setengahnya.

India memang menjadi pasar utama WhatsApp. Pada Juli 2019, WhatsApp memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif bulanan di sana.  

Bukan cuma WhatsApp, dilaporkan Gadgets Now, Kamis (2/4/2020), provider konten over the top (OTT) di India juga mengurangi resolusi video dari Full HD/HD (1080p & 720p) menjadi SD (480p) hingga 14 April.

Pembatasan durasi WhatsApp Status juga disampaikan WABetaInfo, akun yang kerap membocorkan fitur-fitur baru WhatsApp. Dalam akun Twitter-nya, WABetaInfo menulis bahwa kebijakan ini bersifat sementara dan akan kembali ke durasi awal di waktu yang akan datang.

Kendati demikian, dilaporkan masih ada beberapa pengguna yang masih bisa mengunggah video lebih dari 15 detik. Namun, nantinya kebijakan ini akan merata ke semua pengguna WhatsApp di India.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Begini Cara Video Call Berempat Pakai WhatsApp

Belum ada informasi resmi apakah WhatsApp akan menerapkan kebijakan yang sama di negara lain atau tidak, mengingat beberapa negara juga memberlakukan karantina wilayah atau lockdown untuk memerangi pandemi corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com